Ucapkan Doa Ini Agar Pahala Sedekah Anda Kekal

ilustrasi @vebidoo.de
ilustrasi @vebidoo.de

- Advertisement -

Sedekah disunnahkan oleh Rasulullah Saw sebagai salah satu ibadah unggulan. Sedekah diperintahkan secara terang-terangan ataupun sembunyi-sembunyi, asal dilakukan dengan ikhlas seraya mengharapkan ridha Allah Ta’ala.

Ketika bersedekah secara sembunyi-sembunyi, sehingga tangan kiri tidak mengetahui apa yang disedekahkan oleh tangan kanan, dan dilakukan hanya untuk mengharap ridha Allah Ta’ala, serta menjauhi sifat riya’, maka sedekah tersebut akan diterima oleh Allah Ta’ala sebagai amal shaleh sebagaimana yang dijamin oleh Rasulullah Saw.

Tatkala ada kondisi ketika sedekah harus dilakukan terang-terangan untuk memotivasi orang lain, misalnya, maka sedekah tersebut juga tetap diterima oleh Ta’ala tatkala ikhlas senantiasa mengiringi. Bahkan, di zaman Rasulullah Saw, ada sahabat Utsman bin Affan yang secara langsung dan terbuka menyampaikan bahwa beliau menyedekahkan hartanya di jalan Allah Ta’ala.

Ketika bersedekah, ada adab yang dianjurkan oleh Baginda Nabi. Misalnya, dilarang menyebut-nyebut sedekah di depan penerima sedekah, sebab hal itu bisa menyakiti hatinya lantaran malu.

Adab yang lain, misalnya, sangat tidak dianjurkan bagi pemberi sedekah untuk mengharapkan ucapan terima kasih dari penerima sedekah. Meskipun, bagi penerima sedekah, mengucapkan terima kasih dan mendoakan adalah salah satu sunnah dan kelebihan lain sebab Nabi Saw pernah berpesan, siapa yang tidak berterima kasih kepada manusia, maka ia tidak berterima kasih kepada Allah Ta’ala.

Bagi yang bersedekah, ada doa yang dianjurkan untuk diucapkan. Aun bin Abdullah berkata, “Jika kamu memberi sedekah kepada orang miskin, kemudian dia berkata, ‘Semoga Allah Ta’ala memberkahimu’, maka ucapkanlah, ‘Semoga Allah Ta’ala memberkahimu.’” Lanjutnya menerangkan, “Agar sedekahmu bersih.”

- Advertisement -

Hari itu, Abdurrahman bin Hubaib membawa makanan ke masjid. Di tengah jalan, ia bertemu dengan orang yang miskin. Maka, ia memberikan makanan tersebut kepada si miskin. Mereka yang menerima sedekah itu pun berkata, “Semoga Allah Ta’ala memberkahimu.” Kemudian, Abdurrahman pun membalas, “Semoga Allah Ta’ala memberkahi kalian.”

Ia pun melanjutkan dengan menyampaikan riwayat dari ‘Aisyah binti Abu Bakar, “Aisyah berkata, ‘Jika kalian bersedekah, lalu didoakan, maka jawablah doa itu sehingga pahala sedekah kalian kekal.’”

Semoga Allah Ta’ala menjadikan kita hamba yang gemar bersedekah di jalan-Nya. Semoga Allah Ta’ala menerima semua yang kita sedekahkan. Semoga Allah Ta’ala memberkahi harta dan apa pun yang kita sedekahkan. Aamiin. [Pirman]

- Advertisement -

Terbaru

Kisah Pemuda Melamar Calon Istri Kedua dengan Kata-Kata Bilal

Pemuda itu galau. Ia jatuh cinta kepada seorang gadis padahal dirinya sudah menikah. Hari demi hari, dirasakannya cinta makin merasuk ke jiwa....

Boleh Jadi Kamu Membenci Sesuatu, Padahal Ia Amat Baik Bagimu

“Yah, kenapa sih mobil kita kecil? Sudah sesak nih,” kata seorang anak kepada ayahnya saat mereka berlima bepergian menuju sebuah tempat wisata.

Nama Istri-Istri dan Anak-Anak Abu Bakar Ash Shiddiq

Abu Bakar Ash Shiddiq radhiyallahu ‘anhu memiliki enam orang anak. Seluruhnya menjadi tokoh-tokoh di zamannya, dalam berbagai bidang yang berbeda.

4 Keutamaan Wudhu yang Mencengangkan

Karena sering dilakukan, kadang wudhu dianggap biasa saja dan disepelekan. Padahal, keutamaan wudhu itu luar biasa. Wudhu adalah cara...