Tujuh Sedekah yang Paling Utama (Bagian 2)

ilustrasi @sayangi
ilustrasi @sayangi

Lanjutan dari Tujuh Sedekah yang Paling Utama

Dua sedekah yang paling utama sebelumnya adalah sedekah saat sehat dan sangat menghendaki harta, dan sedekah dari harta pribadi untuk orang fakir.

Ketiga, sedekah orang yang sedikit hartanya

- Advertisement -

Abdullah bin Habsyi al-Khats’ami menyampaikan sebuah hadits panjang tentang amalan yang paling utama, shalat yang paling utama, hijrah, jihad dan kematian yang paling mulia.

Hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad, Nasa’i, Abu Dawud dan Ibnu Hibban ini menyebutkan, tatkala Rasulullah ditanya sedekah apa yang paling utama, beliau menjawab, “Ketekunan orang yang sedikit hartanya.”

Menerangkan hadits mulia ini, al-Hasan mengetengahkan sebuah riwayat tentang laki-laki yang mendatangi Utsman bin ‘Affan. Dengan lugu, laki-laki itu berkata kepada Khalifah ketiga kaum muslimin ini, “Kalian pergi dengan membawa kebaikan, wahai para pemilik harta. Kalian bersedekah, memerdekakan budak, berhaji dan berinfaq.”

Sosok yang juga menjadi menantu Rasulullah Saw sebanyak dua kali ini menjawab seraya memotivasi, “Kalian menginginkan seperti kami, kami pun menginginkan seperti kalian.” Lanjut sahabat Rasul yang juga dua kali berhijrah ini, “Demi Allah Ta’ala, satu dirham yang yang diinfaqkan seseorang dengan sungguh-sungguh lebih baik dari puluhan dirham yang diberikan tanpa kesungguhan.”

Keempat, sedekah kepada kerabat yang membenci

Sedekah disyariatkan oleh Allah Ta’ala dalam al-Qur’an kepada keluarga dan kerabat terdekat. Bermula dari istri, anak-anak, orang tua, saudara kandung, tetangga dan seterusnya. Syariat ini memiliki hikmah yang amat besar.

Dengan demikian, keluarga dan orang-orang terdekat tidak akan mengalami kekurangan tatkala ada salah satu anggota keluarganya yang kaya raya. Sebab anggota yang kaya raya itu akan mendistribusikan sedekahnya kepada orang-orang dan keluarga terdekatnya.

- Advertisement -

“Seorang laki-laki mendatangi Rasulullah Saw,” ujar Hakim bin Hazm, “Ia bertanya kepada beliau tentang sedekah yang paling utama.” Rasulullah Saw pun menjelaskan, “Sedekah kepada kerabat yang menyimpan kebencian.”

Inilah di antara mulianya Islam. Bahkan kepada kerabat yang membenci, Islam memerintahkan kepada umatnya agar bersedekah kepada kerabat tersebut. Di antara hikmahnya, dengan sedekah yang diberikan itu, kerabat yang membenci akan dilunakkan hatinya sehingga memberikan pemaafan yang berarti mewujudkan persatuan dan kesatuan umat.[Pirman]

Berlanjut ke Tujuh Sedekah yang Paling Utama (Bagian 3)

- Advertisement -

Terbaru

- Advertisment -