Sepuluh Amalan yang Pahalanya Setara Shalat Malam (Bagian 2)

Membaca al-Quran @vidinur.wordpress
Membaca al-Quran @vidinur.wordpress

Lanjutan dari Sepuluh Amalan yang Pahalanya Setara Shalat Malam

Empat Rakaat Qabliyah Zhuhur

Di tengah terik sinar mentari, ketika bayangannya sudah bergeser ke arah barat, Allah Ta’ala mensyariatkan shalat Zhuhur. Inilah waktu istirahat terbaik bagi seorang hamba di siang hari. Kumpulan lelah dalam sehari itu, bisa luruh seketika dan berubah menjadi semangat setelah seorang hamba memuji Rabb Yang Maha Terpuji dalam rukuk dan sujud.

- Advertisement -

Sebelum menu utama empat rakaat Zhuhur nan agung itu, ada sunnah Qabliyah mu’akkad yang lazim dikerjakan oleh Rasulullah Saw. Bahkan, tatkala beliau luput mendirikannya, beliau menggantinya dengan shalat sunnah selepas Zhuhur.

Secara marfu’ mursalan, diriwayatkan dari Abu Shalih, Rasulullah Saw bersabda, “Empat rakaat sebelum Zhuhur setara dengan shalat menjelang Subuh.” (Hr. Ibnu Abi Syaibah)

Dalam riwayat yang lain disebutkan bahwa empat rakaat sunnah ini memiliki keutamaan bisa membuka pintu langit.

Shalat Tarawih di Belakang Imam sampai Selesai

Amalan ini hanya ada di bulan Ramadhan yang penuh berkah. Shalat sunnah Tarawih merupakan salah satu amalan unggulan dengan segudang manfaat. Jika dilakukan dengan iman dan ihsan, maka shalat Tarawih bisa menjadi penggugur dosa bagi seorang hamba. Sedangkan bagi siapa yang menjalankannya secara berjamaah hingga akhir bersama imam, ada keutamaan khusus bagi pelakunya.

“Sesungguhnya,” sabda Nabi dari Abu Dzar al-Ghifari, “ketika seorang laki-laki shalat (Tarawih) bersama imam sampai selesai,” lanjut Rasulullah sebagaimana diriwayatkan Imam Ahmad, Abu Dawud, Tirmidzi ini, “ia dianggap telah mendirikan Shalat Malam,” pungkas Rasulullah sebagaimana diriwayatkan pula oleh Imam Nasa’i dan Ibnu Majah.

Keutamaan ini semakin bertambah jika shalat Tarawih ini dilakukan bertepatan dengan Lailatul Qadr. Malam kemuliaan yang lebih utama dari seribu bulan.

Membaca Seratus ayat di Malam Hari

- Advertisement -

Membaca al-Qur’an adalah ibadah unggulan dengan segudang manfaat di dalamnya. Dari satu huruf al-Qur’an, Allah Ta’ala menyediakan balasan sepuluh kebaikan. Bagi siapa yang menghafal Kalam Suci itu, Allah Ta’ala akan memberikan kemuliaan di dunia dan akhirat.

Rasulullah Saw bersabda, “Barang siapa membaca seratus ayat di malam hari,” sebagaimana diriwayatkan dari Tamim ad-Dari, “amalan itu dicatat setara orang yang melakukan qunut semalam.” Hadits mulia ini diriwayatkan oleh Imam Ahmad dan ad-Darimi. [Pirman]

Bersambung ke Sepuluh Amalah yang Pahalanya Setara Shalat Malam (Bagian 3)

- Advertisement -

Terbaru

- Advertisment -