Gak Punya Uang Tapi Pingin Sedekah? Ini Solusinya

Sedekah disebut sebagai burhan, bukti keimanan seorang hamba kepada Allah Ta’ala dan Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam. Faktanya, banyak orang yang enggan bersedekah atau tidak mampu bersedekah karena tidak memiliki uang.

- Advertisement -

Bagi siapa pun yang tidak mampu bersedekah karena tidak punya uang, lakukanlah amalan-amalan berikut ini. Tak perlu keluarkan satu rupiah pun, tapi Anda mendapatkan pahala sedekah. Tunai!

Diriwayatkan secara muttafaq ‘alaih dari sahabat Jabir bin ‘Abdullah Radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda, “Setiap perbuatan baik adalah sedekah.”

Berbuat baiklah dengan semua perbuatan yang disepakati kebaikannya oleh syariat.

Bahkan jika tak mampu berbuat baik karena keterbatasan fisik atau cacat, masih ada peluang sedekah dengan pahala yang agung sebagaimana disebutkan dalam hadits dari sahabat Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda, “Ucapan yang baik adalah sedekah.”

Sama dengan hadits pertama, hadits kedua ini diriwayatkan secara muttafaq ‘alaih; disepakati keshahihannya oleh hampir seluruh ulama’ ahli hadits.

Jika amalan-amalan dalam dua riwayat ini masih kurang, masih banyak riwayat lain terkait sedekah tanpa mengeluarkan uang. Hal ini sebagaimana disebutkan dalam riwayat muttafaq ‘alaih, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda, “Setiap hari ketika matahari terbit; maka mendamaikan dua orang (yang berselisih) dengan adil adalah sedekah, menolong orang lain yang berkendara hingga mengangkatnya di atas punggung kendaraan, atau mengangkatkan barang bawaannya ke atas punggungnya adalah sedekah, setiap langkah perjalananmu untuk mengerjakan shalat adalah sedekah, dan menyingkirkan gangguan dari jalan adalah sedekah.”

- Advertisement -

Bukankah indah sekali ajaran Islam yang mulia ini? Semua kebaikan kepada sesama bernilai agung di sisi Allah Ta’ala. Semua kebaikan kepada umat manusia disejajarkan pahalanya dengan beribadah ritual kepada Allah Ta’ala.

Mari bergegas galakkan sedekah dalam kehidupan sehari-hari. Tak perlu risau jika tidak memiliki uang. Sebab jalan sedekah amat banyak cabangnya.

Membantu menaikkan orang ke atas kendaraan, membantu mengangkat bawaan ke atas punggung, beranjak menuju masjid untuk shalat, mendamainakn orang yang ribut, bahkan menyingkirkan batu, kerikil, atau duri di jalanan; semuanya bernilai sedekah di sisi Allah Ta’ala.

Wallahu a’lam. [Pirman/Kisahikmah]

- Advertisement -

Terbaru

Nasehat Rasulullah Ini Mak Jleb Buat Kita di Bulan Syawal

“Ayo, mana yang lain?” Admin ODOJ mengingatkan di grup. Banyak yang belum tuntas tilawah harian. Pertengahan Syawal telah lewat, namun setoran juz...

Kisah Imam Ahmad dan Dahsyatnya Istighfar Penjual Roti

Sebelum meninggal, Imam Ahmad rahimahullah menceritakan bahwa suatu waktu dalam hidupnya, ketika usianya mulai tua, tiba-tiba muncul keinginan untuk mengunjungi satu kota...

Habis Idul Fitri Langsung Puasa Syawal, Ini Keutamaannya

Idul Fitri 1 Syawal 1441 Hijriyah jatuh pada hari Ahad, 24 Mei 2020. Senin, 2 Syawal 1441 bertepatan dengan 25 Mei 2020,...

Lailatul Qadar Jatuh pada Malam 27 Ramadhan? Ini Dalil dan Tandanya

Lailatul Qadar jatuh pada malam berapa? Tak ada seorang pun yang bisa memastikannya. Namun ada dalil hadits yang menunjukkan secara umum, kemudian...