Kalimat yang Membuat Setan Melempar Setan Lainnya

Hanya Allah Ta’ala yang bisa melindungi kita dari bisikan dan godaan setan yang terkutuk. Sebagai bentuk sifat Kasih dan Sayang-Nya, Allah Ta’ala memberitahukan kepada kita melalui Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam terkait banyak kalimat dzikir.

- Advertisement -

Kalimat-kalimat itu berfungsi sebagai benteng sekaligus pelindung bagi seorang hamba dari setan yang terkutuk. Saking ampuhnya, ada di antara kalimat dzikir itu, yang jika diucapkan membuat setan melempar setan lainnya karena takut dan kebingungan sebab tak bisa menggoda seorang hamba.

“Apabila seorang hamba meninggalkan rumahnya membaca, ‘Bismillah (dengan menyebut nama Allah)’, seorang malaikat berkata kepadanya, ‘Kamu telah ditunjuki’. Apabila ia mengucapkan, ‘La haula wa la quwwata illa billah (Tiada daya dan kekuatan kecuali dari Allah)’, maka malaikat berkata kepadanya, ‘Kamu telah dilindungi’. Apabila dia membaca, ‘Tawakkaltu ‘alallah (Aku bertawakkal kepada Allah)’, seorang malaikat berkata, ‘Kamu telah dicukupi.’”

Ketika itu, sebagaimana disebutkan dalam sabda Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam yang diriwayatkan dari Abu Sa’id al-Khudhri, “Setan berkata, ‘Apa yang bisa kami lakukan terhadap orang yang sudah ditunjuki, dilindungi, dan dicukupi (oleh Allah Ta’ala)?’”

Dari jalur lain sebagaimana diriwayatkan dari Anas bin Malik Radhiyallahu ‘anhu, Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda, “Barang iapa keluar dari rumahnya membaca kalimat, ‘Bismillah, tawakkaltu ‘alallah, wa la haula wa la quwwata illa billah (dengan menyebut nama Allah, aku bertawakkal kepada Allah, tiada daya dan kekuatan kecuali dari Allah)’, maka Allah Tabaraka wa Ta’ala berkata kepada orang tersebut, ‘Kamu sudah ditunjuki, dilindungi, dan dicukupi.’”

Saat itulah, sebagaimana disebutkan oleh Syeikh Ibnu Muflih al-Maqdisi mengutip sabda Nabi yang diriwayatkan oleh Imam Abu Dawud dan Ibnu Majah ini, “Setan pun melemparkan setan lainnya sembari bertanya, ‘Apa yang bisa kita lakukan terhadap orang yang telah diberi petunjuk, perlindungan, dan kecukupan?’”

Inilah kalimat amat ringan yang digaransi keampuhannya oleh Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam. Hanya dengan mengucapkan kalimat ini setiap hendak bepergian, Allah Ta’ala berjanji telah memberikan petunjuk, perlindungan, dan kecukupan.

- Advertisement -

Alangkah mulianya Islam. Yang dengan satu kalimat ini saja, jika seorang hamba harus sering keluar rumah untuk urusan dakwah dan jihad, maka Allah Ta’ala yang langsung melindungi diri dan keluarganya dari setan terkutuk yang terlaknat. [Pirman/Kisahikmah]

- Advertisement -

Terbaru

- Advertisment -