Rutinkan Amalan Ini, Insya Allah Kita Selamat dari Siksa Kubur

Setelah hidup di dunia, manusia diperjalankan pada alam kubur. Alam kubur sering disebut sebagai alam percobaan. Jika mendapatkan nikmat di alam kubur, seorang hamba kelak dimasukkan ke dalam surga. Dan jika menderita dengan siksa di alam ini, kelak ia dimasukkan ke dalam neraka.

- Advertisement -

Karena itu, alam kubur menjadi persoalan yang sangat penting. Bahkan Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam mengingatkan agar kaum Muslimin senantiasa memohon kepada Allah Ta’ala agar diselamatkan dari siksa kubur.

Beruntungnya, Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam juga menyebutkan amalan-amalan yang menjadikan seorang hamba diringankan siksa kuburnya. Hal ini sebagaimana diterangkan oleh Dr ‘Umar ‘Abdul Kafi dalam buku al-Wa’dul Haq. Beliau merangkum 18 amalan yang direkomendasikan oleh Nabi sebagai sebab selamatnya seorang hamba dari siksa kubur.

Maka rutinkanlah amalan ini. Insya Allah, kita selamat dari siksa kubur.

Berbakti kepada Dua Orang Tua

Inilah manusia keramat. Keduanya merupakan jaminan surga atau neraka bagi anak-anaknya. Siapa berbakti kepada keduanya, surga di akhirat dan bahagia di dunia. Sedangkan yang menelantarkannya, tiada tempat bagi mereka kecuali siksa kubur dan azab neraka yang amat pedih.

Berbaktilah sejak kecil hingga dewasa. Berbaktilah sejak keduanya masih hidup dan setelah mereka meninggal dunia.

Wudhu

Siapa yang mendawamkan wudhu akan mendapat jaminan meninggal dalam keadaan husnul khatimah. Kuburnya juga bercahaya lantaran pancaran anggota badan yang senantiasa basah dengan air wudhu. Jika diamalkan sebelum tidur, seorang hamba akan dijaga para malaikat dan didoakan saat ia terbangun.

Zikir kepada Allah Ta’ala

- Advertisement -

Inilah ibadah yang tiada batasnya. Perintahnya agar diperbanyak, dilakukan di banyak waktu, terus-menerus, tanpa henti, kecuali di tempat dan kondisi yang terlarang, seperti di kamar mandi, saat jima’, ketika buang air, dan lain sebagainya.

Zikir adalah senjata. Ia merupakan perisai yang melindungi. Zikir juga bisa menjadi penolong di alam kubur dan alam akhirat. Zikir juga mampu menggugurkan dosa-dosa seorang hamba dan sarana untuk memperbanyak pohon-pohon di surga-Nya.

Shalat

Shalat merupakan tiang agama dan amalan yang pertama kali dihisab di alam kubur. Siapa yang bagus shalatnya, maka bagus pula catatan amalan-amalan lainnya. Dan siapa yang shalatnya berantakan, sukar baginya untuk mendapatkan kebaikan dalam catatan amalan-amalan lainnya.

Bersambung ke Rutinkan Amalan Ini, Insya Allah Kita Selamat dari Siksa Kubur (2)

- Advertisement -

Terbaru

Nasehat Rasulullah Ini Mak Jleb Buat Kita di Bulan Syawal

“Ayo, mana yang lain?” Admin ODOJ mengingatkan di grup. Banyak yang belum tuntas tilawah harian. Pertengahan Syawal telah lewat, namun setoran juz...

Kisah Imam Ahmad dan Dahsyatnya Istighfar Penjual Roti

Sebelum meninggal, Imam Ahmad rahimahullah menceritakan bahwa suatu waktu dalam hidupnya, ketika usianya mulai tua, tiba-tiba muncul keinginan untuk mengunjungi satu kota...

Habis Idul Fitri Langsung Puasa Syawal, Ini Keutamaannya

Idul Fitri 1 Syawal 1441 Hijriyah jatuh pada hari Ahad, 24 Mei 2020. Senin, 2 Syawal 1441 bertepatan dengan 25 Mei 2020,...

Lailatul Qadar Jatuh pada Malam 27 Ramadhan? Ini Dalil dan Tandanya

Lailatul Qadar jatuh pada malam berapa? Tak ada seorang pun yang bisa memastikannya. Namun ada dalil hadits yang menunjukkan secara umum, kemudian...