Jangan Ngaku Muslim Sejati Sebelum Tahu 16 Nama al-Qur’an Ini!

Tak kenal maka tak sayang. Ketidaksayangan sebagian kaum Muslimin terhadap al-Qur’an, bisa jadi karena ketidaktahuan mereka. Padahal, al-Qur’an merupakan panduan yang akan membuat seorang hamba selamat di dunia dan bahagia di akhirat, jika diamalkan.

- Advertisement -

Sebagai gerbang menuju pengamalan al-Qur’an, seorang Muslim seharusnya mengetahui sebanyak mungkin tentang al-Qur’an. Pun tentang nama-namanya. Jangan sampai kita hanya mengetahui satu nama ‘al-Qur’an’ saja, padahal al-Qur’an memiliki 16 nama.

Al-Qur’an (Bacaan)

Disebut demikian karena al-Qur’an dibaca dengan lisan, baik dengan melihat ataupun tidak. Nama ini didasarkan pada firman Allah Ta’ala,

“Sesungguhnya al-Qur’an (bacaan) ini memberikan petunjuk kepada (jalan) yang lebih lurus dan memberi kabar gembira kepada orang-orang mukmin yang mengerjakan amal shalih. Bagi mereka ada pahala yang besar.” (Qs. al-Isra’ [17]: 9)

Al-Kitab (Kitab-Yang Ditulis)

Disebut sebagai al-Kitab karena al-Qur’an ditulis dengan pena. Saat dibacakan oleh Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam kepada para sahabat, ada yang ditugaskan untuk menulis wahyu di berbagai sarana; tulang, kayu, dedaunan, kulit hewan yang halal, dan lain sebagainya. Al-Qur’an, akhirnya juga ditulis dalam bentuk mushaf mulai zaman Khalifah Abu Bakar ash-Shiddiq yang diteruskan hingga Khalifah Utsman bin Affan.

“Sesungguhnya telah Kami turunkan kepada kamu sebuah kitab (al-Qur’an) yang di dalamnya terdapat sebab-sebab kemuliaan bagimu. Maka apakah kamu tiada memahaminya?” (Qs. al-Anbiya [21]: 10)

Al-Furqan (Pembeda)

Disebut al-Furqan karena al-Qur’an membedakan antara orang beriman dengan orang kafir, musyrik, dan munafik, membedakan antara kebenaran dengan kebathilan, tidak menyamakan antara penghuni neraka dan penghuni surga, dan lain sebagainya.

- Advertisement -

“Mahasuci Allah yang telah menurunkan al-Furqan (al-Quran sebagai pembeda) kepada hamba-Nya. Agar dia menjadi pemberi peringatan kepada seluruh alam.” (Qs. Furqan [25]: 1)

Ad-Dzikr (Peringatan)

Di dalam banyak firman-Nya, Allah Ta’ala memberikan peringatan kepada umat manusia tentang kehidupan secara umum. Peringatan agar beriman dengan apa yang diperintahkan-Nya, dan menjauhi semua larangan-Nya.

“Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan adz-Dzikr (al-Qur’an sebagai peringatan), dan sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya.” (Qs. al-Hijr [15]: 9)

Bersambung ke Jangan Ngaku Muslim Sejati Sebelum Tahu 16 Nama al-Qur’an Ini! (2)

- Advertisement -

Terbaru

- Advertisment -