Mimpi Disuruh Rasulullah Membaca Doa Ini, Ulama pun Bebas dari Penjara

Kisah ini terjadi di Ashbahan. Seorang ulama bernama Abu Bakar bin Ali difitnah dengan tuduhan keji hingga ia pun dijebloskan ke penjara.

- Advertisement -

Abu Bakar Ar Razi menceritakan kisah itu.

“Aku pernah tinggal di Ashbahan. Di sana ada ulama bernama Syaikh Abu Bakar bin Ali. Begitu alimnya, hingga seluruh fatwa diserahkan kepada beliau.”

Namun, suatu hari Syaikh Abu Bakar difitnah dengan fitnah yang demikian keji. Penguasa kemudian menangkap dan menjebloskannya ke penjara.

Berita ditangkapnya Syaikh Abu Bakar dengan cepat menyebar. Viral, dari mulut ke mulut. Dan bersamaan dengan itu, kerisauan menyebar dari hati ke hati.

Bagaimana tidak risau, bukankah ulama adalah pewaris para nabi? Meninggalnya seorang ulama tidak lebih ringan daripada meninggalnya sebuah kabilah. Hilangnya seorang ulama tidak lebih kecil perkaranya daripada hilangnya sebuah wilayah dari peta dunia. Dipenjaranya seorang ulama tidak lebih sederhana urusannya daripada diblokadenya sebuah kota.

Di tengah kesedihan umat seperti itu, Abu Bakar Ar Razi bermimpi. Ia bermimpi bertemu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam.

- Advertisement -

“Sampaikan kepada Abu Bakar bin Ali agar ia membaca doa al-karab (kesulitan) yang terdapat dalam Shahih Bukhari agar Allah melepaskannya dari kesulitan,” kata Rasulullah dalam mimpi tersebut.

Keesokan harinya, Abu Bakar Ar Razi menceritakan mimpi itu kepada Abu Bakar bin Ali. Sebuah kegembiraan terpancar di wajah Abu Bakar bin Ali. Bagaimana tidak, seseorang mendapa salam dari Rasulullah adalah kebanggaan tersendiri. Menunjukkan kemuliaan dan ketinggian derajat seseorang.

Lebih dari itu, Rasulullah juga memberikan solusi atas masalah yang menderanya. Rasulullah menunjukkan jalan keluar atas problem yang dihadapinya. Rasulullah mengajarkan doa yang paling tepat untuk dirinya.

Abu Bakar bin Ali kemudian membaca doa itu. Dengan penuh keyakinan dan pengharapan, bahwa Allah pasti mengabulkan doanya.

Ingin keselamatan dunia dan akhirat serta terbebas dari segala kesulitan? Baca doa selamat

- Advertisement -

Dan benar, tak berapa lama setelah Abu Bakar bin Ali membaca doa itu, ia dibebaskan dari penjara. Ia kembali merdeka dan bebas mendakwahkan Islam kepada masyarakat. Ia kembali mengajarkan agamaNya kepada umat. [Muchlisin BK/Kisahikmah]

Diadaptasi dari Min ‘Aja’ib ad Du’a karya Syaikh Khalid bin Sulaiman ar Rabi’i

- Advertisement -

Terbaru

Nasehat Rasulullah Ini Mak Jleb Buat Kita di Bulan Syawal

“Ayo, mana yang lain?” Admin ODOJ mengingatkan di grup. Banyak yang belum tuntas tilawah harian. Pertengahan Syawal telah lewat, namun setoran juz...

Kisah Imam Ahmad dan Dahsyatnya Istighfar Penjual Roti

Sebelum meninggal, Imam Ahmad rahimahullah menceritakan bahwa suatu waktu dalam hidupnya, ketika usianya mulai tua, tiba-tiba muncul keinginan untuk mengunjungi satu kota...

Habis Idul Fitri Langsung Puasa Syawal, Ini Keutamaannya

Idul Fitri 1 Syawal 1441 Hijriyah jatuh pada hari Ahad, 24 Mei 2020. Senin, 2 Syawal 1441 bertepatan dengan 25 Mei 2020,...

Lailatul Qadar Jatuh pada Malam 27 Ramadhan? Ini Dalil dan Tandanya

Lailatul Qadar jatuh pada malam berapa? Tak ada seorang pun yang bisa memastikannya. Namun ada dalil hadits yang menunjukkan secara umum, kemudian...