Kenapa Tak Bisa Tahajud? Jawaban Imam Ghazali Ini Patut Direnungkan

Banyak orang yang tidak bisa sholat tahajud. Jangankan tahajud, bangun malam saja berat. Tidak sedikit yang kemudian mencari sebabnya, kenapa tak bisa tahajud.

- Advertisement -

Beragam jawaban dikemukakan. Ada yang menganggap dirinya tak bisa tahajud lantaran tidurnya terlalu malam. Maka ia pun berupaya untuk tidak begadang. Tidur lebih awal. Tapi kok tetap nggak bisa tahajud?

Ada yang menganggap dirinya terlalu capek. Kelelahan. Maka ia pun mengurangi aktifitas yang menguras tenaga. Berupaya tidak mengerjakan hal-hal yang butuh energi besar. Tapi kok tetap nggak bisa bangun malam?

Ada pula yang beranggapan, mungkin karena tidak tidur siang. Maka ia pun menyempatkan tidur siang. Bahkan sampai satu jam. Tapi kok tetap nggak bisa tahajud di tengah atau akhir malam?

Jika demikian halnya, simaklah jawaban Imam Ghazali ini. “Apabila engkau tidak kuat untuk melakukan sholat tahajud di malam hari dan puasa di siang hari, ketahuilah bahwa engkau sedang terbelenggu oleh kesalahan-kesalahan dan dosa-dosamu.”

Inilah yang diingatkan Imam Ghazali rahimahullah dalam Minhajul Abidin. Dan inilah yang mestinya menjadi renungan kita bersama. Bahkan renungan utama. Jika kita tak bisa tahajud, muhasabah pertama adalah ini. Dosa apa yang telah kulakukan pada bulan ini? Dosa apa yang kulakukan pekan ini? Dosa apa yang kulakukan hari ini?

Jika telah ketemu, segeralah bertaubat kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Taubat nasuha. Menghentikan berbuat dosa itu serta meninggalkan dosa yang sejenis dan sederajat meski berbeda bentuknya. Juga menjauhi keinginan berbuat dosa.

- Advertisement -

“Taubat adalah sikap meninggalkan keinginan berbuat dosa seperti yang pernah dikerjakan sebelumnya, yang sama tingkatannya meski berbeda bentuk perbuatannya, dengan niat mengagungkan Allah Subhanahu wa Ta’ala dan menghindari kemurkaan-nya,” terang Al Ghazali.

Lalu bagaimana jika tidak ketemu secara spesifik dosa apa yang menghalangi sholat tahajud? Perbanyak istighfar. Memohon ampun kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Menangis di hadapan-Nya karena menganggap tak ada dosa yang dikerjakan padahal begitu banyak dosa hingga sholat tahajud pun terhalang. Wallahu a’lam bish shawab. [Muchlisin BK/Kisahikmah]

- Advertisement -

Terbaru

Inilah Ayat yang Membuat Umar Masuk Islam

Kemarahan Umar bin Khattab memuncak. Ia merasa agama baru telah membuat ajaran nenek moyangnya terinjak-injak. Maka ia ambil pedang, lalu pergi untuk mengakhiri apa...

Jenazah Utuh Thalhah bin Ubaidillah Saat Makamnya Dipindah

Thalhah bin Ubaidillah radhiyallahu ‘anhu gugur sebagai syahid pada Perang Jamal. 30 tahun kemudian, saat kaum muslimin memindahkan makamnya, mereka menyaksikan sebuah keajaiban. Jenazah...

Kisah Umar Marah kepada Abu Bakar Melebihi Marahnya kepada Utsman

Umar bin Khattab pernah marah kepada beberapa sahabat, terutama Abu Bakar Ash Shiddiq. Saat itu Umar sedang berduka karena menantunya meninggal dunia sehingga putrinya...

Penasaran Hadits Ini, Istri-Istri Nabi Mengukur Panjang Tangannya

Para istri Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam sangat mencintai beliau. Tak hanya ingin menemani beliau di dunia, para ummul mukminin juga ingin segera menyusul Rasulullah...