Dzikir yang Pahalanya Memenuhi Langit dan Bumi

Allah Ta’ala melalui sabda Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam banyak memberitahukan kalimat-kalimat dzikir, lengkap dengan pahala bagi yang mendawamkannya. Kalimat-kalimat dzikir yang termaktub dalam hadits shahih itulah yang lebih utama untuk dibiasakan dalam kehidupan sehari-hari.

- Advertisement -

Dzikir adalah pujian kepada Allah Ta’ala Yang Mahasuci. Dialah Rabb yang bergantung pada-Nya semua urusan. Dzikir pujian ini harus diperbanyak; baik di pagi, siang, sore maupun malam hari. Ia juga harus senantiasa dilafalkan dalam setiap kondisi; berbaring, duduk, berdiri, dalam keadaan suka maupun duka.

Dzikir adalah bukti syukur. Sebuah ungkapan terima kasih atas karunia Allah Ta’ala yang tiada batas. Karenanya, siapa yang hiasi diri dan harinya dalam dzikir, maka Allah Ta’ala akan tambahkan nikmat padanya.

Sebaliknya, siapa yang sedikit ataupun jarang lantunkan dzikir, maka itulah cermin jiwanya yang kering kerontang. Sehingga, Allah Ta’ala gelapkan kehidupannya, susahkan hidupnya, dan kelak mendapatkan siksa sebab lupa pada-Nya adalah sebentuk kesombongan.

Teramat banyak riwayat yang menyebutkan fadhilah dzikir. Masing-masing kalimat memiliki keutamaan sesuai dengan yang Allah Ta’ala tentukan sebagaimana disabdakan oleh Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam.

“Alhamdulillah,” sabda Nabi suatu ketika, “memenuhi timbangan.” Sedangkan kalimat Subhanallah walhamdulillah, dalam lanjutan riwayat oleh Imam Muslim itu, “Memenuhi ruang antara langit dan bumi.”

Itulah dua kalimat yang ringan diucapkan lisan orang yang beriman, namun memiliki keutamaan yang amat besar. Dua kalimat itu, jika sungguh-sungguh didawamkan, maka dalam sehari bisa diulang ribuan kali. Kalimat dzikir ini pula yang kelak menolong seorang hamba dalam pengadilan di Hari Kiamat.

- Advertisement -

Saudaraku, mari memohon kepada Allah Ta’ala agar Dia menolong kita dalam mengingat-Nya, dalam mensyukuri nikmat-Nya, dan dalam membaguskan ibadah kita. Sebab tak ada ketaatan kecuali atas Kehendak dan Pertolongan Allah Ta’ala.

Dengan Pertolongan-Nya itu, semoga sepanjang hari yang dilalui, dalam setiap detik nafas yang Allah Ta’ala berikan ini, semoga bisa dijalani dalam taat dan taqwa kepada Allah Ta’ala.

Di akhir tulisan, mari baca bersama kalimat dzikir nan mulia ini berulang kali: Subhanallahi walhamdulillah, subhanallahi walhamdulillah, subhanallahi walhamdulillah. [Pirman]

- Advertisement -

Terbaru

- Advertisment -