6 Hal Ini Akan Membuat Anda Rajin Sedekah

Sebelum menggapai derajat cinta, seorang penempuh jalan kebaikan bisa memulainya dengan mengetahui manfaat-manfaat dari amal yang dia kerjakan. Di dalam Islam, seluruh ibadah senantiasa dilengkapi dengan janji-janji pahala yang shahih, langsung dari Allah Ta’ala dan Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam.

- Advertisement -

Salah satunya adalah sedekah. Meski masyhur dan sudah menjadi kebiasaan sebagian kaum Muslimin, sedekah masih asing bagi sebagian yang lainnya. Bagi yang masih malas, bacalah 6 hal ini dengan hati, insya Allah anda akan semakin rajin bersedekah.

Didoakan Malaikat

“Tidaklah seorang hamba berada di pagi hari,” sabda Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam sebagaimana diriwayatkan oleh Imam al-Bukhari, “kecuali ada dua malaikat yang turun ke bumi. Malaikat pertama berdoa, ‘Ya Allah, berilah ganti kepada semua yang berinfaq’, dan malaikat yang satunya berdoa, ‘Ya Allah, hancurkanlah mereka yang tidak berinfaq’.”

Setiap pagi, dua malaikat ini senantiasa turun sesuai dengan perintah Allah Ta’ala. Doa tersebut pun senantiasa mereka panjatkan, sesuai dengan titah-Nya. Adakah di antara manusia yang bisa menolak doa malaikat-Nya? Adakah manusia yang bisa mencegah keterkabulannya jika yang berdoa adalah malaikat-malaikat-Nya?

Amalan Paling Disukai Allah Ta’ala

Dalam banyak riwayat, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam menyebutkan amalan-amalan yang paling disukai oleh Allah Ta’ala dengan menyebut amalan-amalan yang berbeda. Selain disesuaikan dengan konteks penanya, perbedaan penyebutan ini juga sebagai bentuk Maha Pengasih dan Maha Penyayang Allah Ta’ala sehingga kita bisa melakukan amalan mana yang paling sesuai dengan kecenderungan dan paling mudah untuk dijadikan sebagai amalan unggulan.

Diriwayatkan oleh Ibnu Khuzaimah dari Sayyidina Umar bin Khaththab, bahwa amalan-amalan saling membanggakan diri, lalu datanglah sedekah dengan mengatakan, “Akulah (amalan) yang paling baik di antara kalian.”

Penghalang dari Musibah dan Malapetaka

Selain silaturahim, sedekah juga bisa menjadi penghalang antara seseorang dengan musibah, bencana, malapetaka, dan keburukan-keburukan lain yang tidak diinginkan. Hal ini sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam ath-Thabrani, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda, “Sedekah menutup tujuh puluh pintu keburukan.”

- Advertisement -

“Obatilah orang-orang sakit di antara kalian,” sabda Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam dalam riwayat lain oleh Imam al-Baihaqi, “dengan bersedekah.”

Bersambung ke 6 Keutamaan Sedekah (Bagian 2)

- Advertisement -

Terbaru

- Advertisment -