6 Hal Ini Akan Membuat Anda Rajin Sedekah (Bagian 2)

Lanjutan dari 6 Keutamaan Sedekah

Pahala Berlipat-lipat

“Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah dengan pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah),” firman Allah Ta’ala dalam surat al-Baqarah [2] ayat 245, “maka Allah akan melipatgandakan pembayaran kepadanya dengan lipatganda yang banyak.”

- Advertisement -

Disebutkan pula dalam firman Allah Ta’ala surat al-Hadid [57] ayat 18, “Sesungguhnya orang-orang yang membenarkan (Allah dan Rasul-Nya) baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipatgandakan (pembayarannya) kepada mereka. Dan bagi mereka pahala yang banyak.”

Penghapus Kesalahan dan Penggugur Dosa

Semua kita berdosa. Amat banyak. Belum hilang satu dosa, sudah bertambah jumlahnya dengan dosa-dosa lain yang tak berbilang. Padahal, dosa dan kesalahan adalah pangkal keterjerumusan. Dosa dan kesalahan adalah biang keladi dari semua kegagalan dan kegelapan hidup seorang hamba.

Beruntungnya Allah Ta’ala melalui Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam memberikan kiat-kiat shahih agar kesalahan kita dihapus, agar dosa-dosa kita berguguran.

“Bersedekahlah walau hanya dengan satu biji kurma,” sabda Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, “karena ia bisa menahan lapar orang yang lapar dan memadamkan kesalahan sebagaimana air yang memadamkan api.” (Dishahihkan oleh Imam Nashiruddin al-Albani dalam Shahih al-Jami’)

Harta dan Rezekinya Bertambah Berkah

“Wahai Anak Adam,” firman Allah Ta’ala dalam hadits qudsi yang diriwayatkan oleh Imam al-Bukhari, “berinfaqlah karena Aku akan berinfaq kepadamu.”

Dalam hadits lain yang diriwayatkan oleh Imam al-Baihaqi, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda, “Tidaklah seorang hamba membuka pintu untuk memberikan sedekah atau menyambung tali persaudaraan Islam, kecuali Allah Ta’ala akan memperbanyak hartanya.”

- Advertisement -

Bahkan, Allah Ta’ala memberikan jaminan di dalam al-Qur’an, bahwa orang-orang yang bersedekah akan diberi balasan sebanyak tujuh ratus kali lipat. “Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipatgandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Mahaluas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.” (Qs. al-Baqarah [2]: 261)

Semoga Allah Ta’ala jadikan kita sebagai hamba yang murah hati dan mudah tangan untuk berinfaq di jalan-Nya. Aamiin.

Wallahu a’lam. [Pirman/Kisahikmah]

- Advertisement -

Terbaru

Kisah di Balik Lahirnya Buku Cinta Sehidup Sesurga

Cinta Sehidup Sesurga adalah sebuah buku inspirasi merawat cinta. Banyak kiat-kiat di dalamnya yang jika dipraktikkan dalam pernikahan, insya Allah suami istri...

Mengapa Jin Tak Berani Mengganggu Orang yang Membaca Ayat Kursi?

Mengapa jin tak berani mengganggu orang yang membaca ayat kursi? Berikut ini penjelasan ilmiah dan logisnya. Jin Sendiri Mengaku...

Rasulullah Tak Mengerjakan, Mengapa Puasa Tasua Jadi Sunnah?

Dua di antara amalan bulan Muharram adalah puasa tasua dan puasa asyura. Rasulullah biasa mengerjakan puasa asyura bahkan sangat mengutamakan. Namun puasa...

Kisah Ghibah di Zaman Nabi, Ketika Benar Tercium Bau Bangkai

Saat membaca Surat Al Hujurat ayat 12, kita memahami bahwa ghibah itu ibarat memakan daging saudara sendiri yang telah mati. Namun tahukah...