3 Hal yang Paling Disukai Sayyidina ‘Utsman bin ‘Affan

Sayyidina Abu Bakar ash-Shiddiq Radhiyallahu ‘anhu menyebutkan 3 hal yang beliau sukai di dunia ini; memberikan infaq karena Allah Ta’ala dan Rasul-Nya, bermajlis bersama Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa sallam, dan bershalawat kepada baginda yang mulia.

- Advertisement -

Kemudian sayyidina ‘Umar bin Khaththab Radhiyallahu ‘anhu menyebutkan memuliakan tamu, berpuasa di siang nan terik, dan berjihad dengan senjata terhunus di sisi Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa sallam sebagai 3 hal yang paling disukai di dunia.

Selanjutnya, dalam majlis yang dihadiri oleh empat sahabat utama nan mulia yang diriwayatkan oleh sahabat mulia Jabir bin Abdullah Radhiyallahu ‘anhu ini, ‘Utsman bin ‘Affan Radhiyallahu ‘anhu pun mendapatkan giliran untuk menyebutkan 3 hal yang paling disukai di dunia ini.

Memberi Makan Orang

Sayyidina ‘Utsman terkenal dengan sifat dermawannya. Laki-laki pemalu yang dua kali menjadi menantu Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wa sallam ini merupakan seorang pengusaha sukses yang rajin menafkahkan hartanya di jalan Allah Ta’ala.

Sayyidina ‘Utsmanlah yang menebus sumur Yahudi kemudian diwakafkan untuk kepentingan umat. Beliau sering memberikan hartanya untuk keperluan jihad di jalan Allah Ta’ala. Maka sudah amat pasti, memberi makan kepada yang membutuhkan dan tidak membutuhkan amat sering dilakukan laki-laki berjuluk pemilik dua cahaya ini.

Menebar Salam

Sayyidina ‘Utsman melakukan ini lantaran kecintaannya dengan Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa sallam dan kaum Muslimin. Beliau menebar salam karena mendoakan sesama Muslim. Dengan demikian, beliau juga berhak mendapatkan doa dari sesama Muslim, saat mereka membalas salamnya.

Shalat Malam saat Orang Lain Tidur

Sosok Khalifah ketiga kaum Muslimin ini juga terkenal sebagai ahli ibadah. Beliaulah yang mengatakan, “Jika hati seseorang bersih, dia tak akan pernah bosan dengan al-Qur’an al-Karim.”

- Advertisement -

Banyak riwayat menyebutkan, sayyidina ‘Utsman bin ‘Affan bisa mengkhatamkan al-Qur’an al-Karim dalam sekali duduk. Begitu pun di dalam shalat malam. Beliau banyak mengulang-ulang hafalan dalam shalat malam ketika orang lain terlelap dalam buai mimpi.

Dalam riwayat yang dijelaskan oleh Kiyai Haji M Luqman Hakim sebagaimana dikutip dari sahabat Jabir bin Abdullah ini, 3 hal kesukaan sayyidina ‘Utsman bin ‘Affan ini juga merupakan kesukaan sayyidina ‘Ali bin Abi Thalib Radhiyallahu ‘anhuma.

Wallahu a’lam. [Pirman/Kisahikmah]

Rujukan: Majalah Cahaya Sufi edisi 95 tahun 2016

- Advertisement -

Terbaru

Habis Idul Fitri Langsung Puasa Syawal, Ini Keutamaannya

Idul Fitri 1 Syawal 1441 Hijriyah jatuh pada hari Ahad, 24 Mei 2020. Senin, 2 Syawal 1441 bertepatan dengan 25 Mei 2020,...

Lailatul Qadar Jatuh pada Malam 27 Ramadhan? Ini Dalil dan Tandanya

Lailatul Qadar jatuh pada malam berapa? Tak ada seorang pun yang bisa memastikannya. Namun ada dalil hadits yang menunjukkan secara umum, kemudian...

Ciri Orang yang Mendapat Lailatul Qadar

Lailatul qadar memang tidak bisa dipastikan tanggal berapa turunnya. Namun ada tanda-tandanya sebagaimana disebutkan dalam hadits dan dijelaskan para ulama. Lalu bagaimana...

Tanda-Tanda Lailatul Qadar, Segera Lakukan Ini Jika Mendapatinya

Tak seorang pun di masa sekarang yang bisa memastikan kapan turunnya lailatul qadar. Namun Rasulullah shallalahu ‘alaihi wasallam telah menjelaskan tanda-tanda lailatul...