10 Kiat Hilangkan Penyakit Dengki

0
sumber gambar: cakpoer.wordpress.com

Dengki merupakan salah satu penyakit hati yang sangat berbahaya. Dengki akan menghanguskan amal dan iman sebagaimana api yang membakar kayu tanpa sisa. Salah satu tabib hati, Imam Ibnul Qayyim al-Jauziyah membeberkan kepada 10 kiat untuk menghilangkan penyakit dengki.

Memohon Perlindungan kepada Allah Ta’ala

Bentuknya dengan memperbanyak dzikir yang ma’tsur, membaca al-Qur’an, dan permohonan langsung kepada Allah Ta’ala. Salah satunya dengan banyak membaca surat al-Falaq [113] dimana Allah Ta’ala berfirman, “Aku berlindung kepada Tuhan Yang Menguasai subuh. Dan dari kejahatan pendengki bila ia dengki.” (ayat 1 dan 5)

Surat ini disunnahkan untuk dibaca sebelum tidur sebanyak tiga kali.

Bertaqwa kepada Allah Ta’ala

Ialah melaksanakan perintah Allah Ta’ala dan meninggalkan seluruh larangan-Nya. Dengki merupakan salah satu perbuatan yang sangat dilarang oleh Allah Ta’ala dan Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa sallam sehingga harus benar-benar dijauhi dengan sekuat kemampuan.

Bersabar

Para pendengki akan mengalamatkan kedengkian kepada siapa pun. Jika suatu ketika Anda menjadi sasaran para pendengki, tiada jalan terbaik selain bersikap sabar. Dengan sabar, Allah Ta’ala akan memberikan pertolongan. Di antara bentuk sabar terhadap para pendengki adalah dengan tidak mengeluh.

Tawakkal

Ialah berserah diri kepada Allah Ta’ala setelah melakukan serangkaian usaha. Tawakkal merupakan jaminan kesuksesan, sebab seorang hamba hanya bersandar kepada Allah Ta’ala semata.

Kosongkan Hati

Kosongkan hati dari segala sebab dengki. Hindari percakapan dan perbuatan yang sia-sia, ganti dengan kesibukan dzikir, membaca al-Qur’an, dan mengunjungi majlis ilmu. Hati yang sibuk dengan kebaikan tidak akan menyisakan sedikit pun lokasi untuk keburukan.

Terima Ketetapan Allah dengan Ikhlas

Sebagus apa pun usaha yang dilakukan, ada saja takdir yang kadang kurang dipahami. Karenanya, Anda harus senantiasa belajar menerima setiap ketentuan-Nya dengan hati yang lapang, dengan keikhlasan hati. Hanya dengan keikhlasan, keburukan para pendengki tak bermakna di hadapan Anda.

Taubat

Jangan bosan untuk bertaubat karena dosa yang semakin melimpah. Biasakan membaca istighfar dengan penghayatan sepenuh hati, sebagaimana dicontohkan oleh Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa sallam. Disebutkan dalam banyak riwayat, beliau beristighfar sebanyak tujuh puluh atau seratus kali dalam sehari.

Perbanyak Sedekah dan Amal Shalih

Sedekah menghasilkan banyak keajaiban bagi pelakunya. Selain pahala di akhirat yang melimpah, sedekah juga menjadi sebab terhindarnya seseorang dari bahaya di dunia dan akhirat. Begitu pula dengan amal shalih yang lain. Harus diperbanyak dengan perbaikan kualitas sehingga keburukan tidak berdampak apa pun.

Cerdas Padamkan Api Dengki

Bisa jadi, inilah kiat yang paling sukar. Imam Ibnul Qayyim al-Jauziyah merekomendasikan kepada orang yang didengki untuk memberikan hadiah kepada siapa pun yang dengki kepadanya.

Murnikan Tauhid

Yakinlah dengan penuh, tiada satu pun yang menimpa kecuali atas kehendak dari Allah Ta’ala. Jika Dia Berkehendak, semua keburukan bisa dicegah atau dihilangkan dari diri seorang hamba.

Semoga Allah Ta’ala menjauhkan kita dari sikap dengki dan keburukan para pendengki. Aamiin.

Wallahu a’lam. [Pirman/Kisahikmah]

Berita sebelumyaCiri Wali Allah menurut KH Muhammad Arifin Ilham
Berita berikutnyaTolak Sabda Nabi, Laki-laki Ini Tak Kuasa Angkat Tangannya