Keajaiban Surat Al Waqiah yang Telah Dirasakan oleh Para Ulama

Surat Al Waqiah dikenal sebagai surat anti kemiskinan. Sejumlah ulama mulai dari sahabat, tabiin hingga mufassirin menjelaskan keajaiban surat ini. Ada pula yang berbagi pengalaman spiritual setelah mengamalkannya.

Abdullah bin Mas’ud dan Keajaiban Surat Al Waqiah

- Advertisement -

Di akhir hayatnya, Abdullah bin Mas’ud menolak ketika Khalifah Utsman bin Affan mau memberikan sejumlah harta untuk putra-putranya. Alasannya, sahabat ahli tafsir itu sama sekali tidak khawatir putra-putranya menderita kemiskinan.

Ia lantas membuka sebuah rahasia. Bahwa ia telah mengajarkan satu amalan yang pernah Rasulullah ajarkan kepadanya.

“Apakah Amirul Mukminin takut putra-putraku miskin? Mereka sudah kusuruh membaca Surat Al Waqiah setiap malam,” kata Abdullah bin Mas’ud.

Ia kemudian menyampaikan sabda Rasulullah yang pernah didengarnya:

مَنْ قَرَأَ سُوْرَةَ الْواقِعَةِ كُلَّ لَيْلَةٍ لَمْ تُصِبْهُ فَاقَةٌ أَبَدًا

“Barangsiapa membaca surat Al Waqiah setiap malam, dia tidak akan menderita kemiskinan selama-lamanya.” (HR. Abu Ya’la dan Ibnu Asakir)

- Advertisement -

DR Abdurrahman Raf’at Al Basya mengetengahkan kisah ini dalam bukunya, Shuwar min Hayaat ash Shahabat. Buya Hamka juga mencantumkannya dalam Tafsir Al Azhar.

Baca juga: Kelemahan Tukang Sihir

Masruq bin Al Ajda’ dan Keajaiban Surat Al Waqiah

Masruq bin Ajda’ adalah salah seorang ulama pembesar tabi’in. Murid khulafaur rasyidin dan sahabat ternama ini terkenal dengan ibadah, zuhud dan wara’nya. Juga keilmuannya sehingga menjadi tokoh di antara para tabi’in.

Teman akrab Abdullah bin Mas’ud ini merupakan ulama yang suka berinfaq. Pernah ia menginfakkan 10.000 dinar untuk membiayai para mujahid dan menyantuni fakir miskin. Mengenai Surat Al Waqiah, ia menjelaskan bahwa rahasianya dapat menguasai ilmu-ilmu para pendahulunya baik ilmu dunia maupun akhirat adalah membaca Surat Al Waqiah.

Imam Adz Dzahabi menjelaskan, “Perkataan Masruq itu terkesan hiperbolis. Namun demikianlah manfaat dan kandungan yang ada dalam Surat Al Waqiah. Meliputi masalah dunia dan akhirat.

- Advertisement -

Syaikh Ahmad Farid menambahkan, “Membaca Surat Al Waqiah maksudnya adalah membacanya dengan merenungi ayat-ayat serta memikirkan tanda keagungan dan kebesaran Allah Subhanahu wa Ta’ala.”

Hadits-Hadits Lain Keutamaan Surat Al Waqiah

Ibnu Katsir menampilkan hadits lebih banyak lagi tentang keutamaan Surat Al Waqiah. Selain hadits Abdullah bin Mas’ud di atas, Ibnu Katsir juga mengetengahkan sejumlah hadits yang menunjukkan keutamaan surat ini.

مَنْ قَرَأَ سُوْرَةَ الْواقِعَةِ كُلَّ لَيْلَةٍ لَمْ تُصِبْهُ فَاقَةٌ

“Barangsiapa membaca surat Al Waqiah setiap malam, dia tidak akan menderita kemiskinan.” (HR. Abu Syuja)

Syaikh Wahbah Az Zuhaili dalam Tafsir Al Munir mencantumkan hadits serupa dari Anas.

سُوْرَةُ الْواقِعَةِ سُوْرَةُ الْغِنَى فَاقْرَؤُوْهَا وَعَلَّمُوْهَا أَوْلَادَكُمْ

“Surat Al Waqiah adalah surat ‘kekayaan’. Maka bacalah Surat Al Waqiah dan ajarkanlah kepada anak-anak kalian.” (HR. Ibnu Murdawaih)

عَلِّمُوْا نِسَاءَكُمْ سُوْرَةَ الْواقِعَةِ فَإِنَّهَا سُوْرَةُ الْغِنَى

“Ajarilah kaum perempuan kalian Surat Al Waqiah, karena sesungguhnya ia adalah surat kekayaan.” (HR. Ad Dailami)

Demikian keajaiban Surat Al Waqiah. Semoga Allah mudahkan kita rutin membacanya, kemudian Allah meridhai dan memberkahi. [Muchlisin BK/Kisahikmah]

- Advertisement -

Terbaru

- Advertisment -