9 Amalan yang Bisa Menolak Bahaya

Hendaknya kita memohon kepada Allah Ta’ala keselamatan di dunia, ketika meninggal, dan setelah kematian. Agar diberi kemudahan dan kelapangan dalam hidup, diberi nikmat kubur, dan kelak dikumpulkan bersama orang-orang shalih di surga-Nya Allah Ta’ala.

- Advertisement -

Sebagai kesatuan utuh, kita juga harus memohon kepada Allah Ta’ala agar dihindarkan dari kesusahan dan kesukaran hidup, akhir kematian yang buruk, dan dijauhkan dari siksa neraka yang menyala-nyala.

Beruntungnya, Allah Ta’ala dan Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa sallam telah menetapkan amalan-amalan yang bisa menolak segala jenis bahaya. Hendaknya kita mengingat ini baik-baik, lalu berupaya sekuat tenaga untuk mengamalkannya hingga akhir hayat.

9 amalan yang bisa menolak bahaya ini kami nukil dari nasihat Kiyai Haji Muhammad Arifin Ilham.

Doa

Jangan pernah malas berdoa. Berdoa adalah sarana mengundang keajaiban. Berdoa adalah inti ibadah. Berdoa adalah senjata ampuh yang diberikan oleh Allah Ta’ala kepada orang beriman. Berdoa adalah jaminan keterkabulan dari Allah Ta’ala.

Di antara doa yang bisa kita panjatkan agar terhindar dari segala jenis bahaya adalah Firman Allah Ta’ala dalam surat al-Baqarah [2] ayat 286,

“Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri maaflah kami. Ampunilah kami. Dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami. Maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir.”

Taqwa

- Advertisement -

Jauhi seluruh larangan Allah Ta’ala dan lakukan perintah-Nya sesuai kemampaun terbaik yang kita miliki. Bersungguh-sungguhlah. Kerahkan seluruh potensi. Jangan bermalas-malasan. Jangan banyak beralasan. Jangan banyak memaklumi diri.

Taqwa merupakan amalan yang mengundang kebaikan dan menolak segala jenis bahaya karena Allah Ta’ala melindungi dan menjamin jalan keluar jika hamba-Nya yang bertaqwa diancam bahaya atau masalah.

“Barang siapa bertaqwa kepada Allah, niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar, dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya.” (Qs. ath-Thalaq [65]: 2-3)

Sebab dua ayat tersebut diulang berkali-kali di banyak kesempatan, hafalkanlah dan buktikan kebenarannya.

Bersambung ke 9 Amalan yang Bisa Menolak Bahaya (2)

- Advertisement -

Terbaru

Mengapa Allah Bersumpah dengan Kuda Perang di Surat Al Adiyat?

Di awal Surat Al Adiyat, Allah Subhanahu wa Ta’ala bersumpah dengan menyebut kuda perang yang berlari kencang. Rangkaian sumpah ini ada di...

Kisah Pemuda Melamar Calon Istri Kedua dengan Kata-Kata Bilal

Pemuda itu galau. Ia jatuh cinta kepada seorang gadis padahal dirinya sudah menikah. Hari demi hari, dirasakannya cinta makin merasuk ke jiwa....

Boleh Jadi Kamu Membenci Sesuatu, Padahal Ia Amat Baik Bagimu

“Yah, kenapa sih mobil kita kecil? Sudah sesak nih,” kata seorang anak kepada ayahnya saat mereka berlima bepergian menuju sebuah tempat wisata.

Nama Istri-Istri dan Anak-Anak Abu Bakar Ash Shiddiq

Abu Bakar Ash Shiddiq radhiyallahu ‘anhu memiliki enam orang anak. Seluruhnya menjadi tokoh-tokoh di zamannya, dalam berbagai bidang yang berbeda.