Kisah Nabi Khidir Menelan Bukit dan Sebuah Mangkuk Emas

0
50305
ilustrasi @livealonger.life

Ada kisah menarik tentang Nabi Khidir ‘Alaihis salam yang disajikan dalam Islam Digest Harian Umum Republika Ahad, 3 Juli 2016. Kisah ini disarikan dari buku Jurnal 1001 Kisah Teladan Muslim. Nabi Khidir ‘Alaihi salam mendapatkan perintah dari Allah Ta’ala melalui mimpi.

Di dalam mimpi disebutkan, Allah Ta’ala memerintahkan Nabi Khidir ‘Alaihis salam untuk berjalan ke arah barat. Kemudian, beliau diperintahkan melakukan lima hal terkait lima peristiwa yang akan beliau temui di sepanjang perjalanan.

“Pertama, makanlah apa yang engkau lihat (hadapi). Kedua, sembunyikan apa yang engkau temukan. Ketiga, terimalah apa yang datang kepadamu. Keempat, jangan kecewakan yang datang kepadamu. Kelima, larilah engkau dari apa yang ditemui.”

Keesokan harinya, Nabi Khidir ‘Alaihis salam berjalan ke arah yang diperintahkan. Agak lama perjalan yang ditempuh, sosok yang diutus sebagai salah satu guru kehidupan bagi Nabi Musa ‘Alaihis salam ini bertemu dengan sebuah bukit.

Nabi Khidir ‘Alaihis salam bingung. Sebab, perintah pertama dalam mimpinya semalam menyebutkan, “Makanlah apa yang engkau temui.”

Beliau pun menebalkan tekad, mengumpulkan keyakinan. “Aku,” ujar Nabi Khidir ‘Alaihis salam, “diperintahkan untuk memakan apa yang aku temui, tapi ini sungguh mustahil (memakan bukit).”

Namun Nabi Khidhir ‘Alaihi salam terus mendekat ke arah bukit hingga datanglah sebuah keajaiban. Bukit mengecil hingga sebesar roti. Nabi Khidir ‘Alaihis salam pun mengambilnya dengan tangan lantas memasukkannya ke dalam mulut.

“Alhamdulillah, aku telah berhasil melakukan perintah pertama. Mudah-mudahan Allah Ta’ala memudahkan bagiku untuk menerima pelajaran yang tersirat di dalamnya.” ujar Nabi Khidir ‘Alaihi salam, lalu melanjutkan perjalanan.

Di tengah perjalanan, beliau menjumpai benda kedua. Sebuah mangkuk berbentuk emas. Beliau langsung ingat dengan perintah dalam mimpi agar segera menyembunyikannya. Maka beliau bergegas  menggali tanah untuk menyembunyikan mangkuk tersebut.

Anehnya, mangkuk emas itu bisa bergerak. Setelah dimasukkan ke dalam lubang, ia bisa menembus tanah dan kembali ke permukaan. Terus bergitu. Terulang berkali-kali.

Masih ada tiga perintah yang harus dikerjakan oleh Nabi Khidir ‘Alaihi salam. Termasuk hikmah di balik lima perintah tersebut. Silakan baca kisah selanjutnya di

Kisah Nabi Khidir, Burung, Elang, dan Bangkai