Tiga Golongan yang Pasti Ditolong Allah (2)

Lanjutan dari Tiga Golongan yang Pasti Ditolong Allah

- Advertisement -

Dalam Islam, seseorang hanya boleh menyembah kepada Allah Ta’ala, bukan selain-Nya. Bahkan orang yang menyembah selain-Nya berhak digelari syirik, dan pasti atasnya satu tempat di neraka jika mati sebelum bertaubat.

Karenanya, saat seseorang berkeinginan membebaskan diri dari ketergantungan berlebihan terhadap sesama manusia, Allah Ta’ala akan menolong orang tersebut. Hal itu sebagaimana disebutkan dalam hadits shahih riwayat Imam Ahmad dan lainnya.

Budak yang Ingin Menebus Dirinya

Selain orang yang hendak menikah demi menjaga kesucian diri, budak yang memiliki keinginan kuat untuk menebus dirinya sehingga menjadi hamba yang merdeka juga berhak mendapatkan janji pasti ditolong oleh Allah Ta’ala sebagai sebaik-baiknya penolong.

Perbudakan telah dihapuskan dalam Islam. Islam menghendaki semua manusia hanya menyembah dan bergantung kepada Allah Ta’ala dalam tauhid yang bersih dan lurus. Tauhid inilah sebaik-baik penghambaan seseorang kepada Rabbnya.

Ketika seseorang menjadi budak, dipastikan kehidupan pribadi dan ibadahnya juga dibatasi, bahkan dilarang. Sebagaimana dialami oleh Bilal bin Rabah Radhiyallahu ‘anhu yang sembunyi-sembunyi dalam mengesakan nama Allah Ta’ala sebab majikannya kafir.

Barulah ketika dibebaskan oleh Abu Bakar ash-Shiddiq, Bilal bin Rabah bisa beribadah dengan leluasa dan menjadi salah satu sahabat kesayangan juga muadzin Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam.

- Advertisement -

Sayangnya, tidak semua budak memiliki tabiat seperti Bilal bin Rabah. Bahkan, dalam kehidupan yang katanya kian modern ini, saat seseorang terbebas dari perbudakan dalam berbagai macam bentuknya, mereka justru terjerumus dalam perbudakan lain; disadari ataupun tidak.

Alhasil, kemerdekaan yang seharusnya dimaknai untuk menyembah Allah Ta’ala secara leluasa berbalik menjadi menyekutukan Allah Ta’ala secara leluasa, sebebas-bebasnya. Bahkan saking bebasnya, kesyirikan itu dilakukan secara massif di segala lini kehidupan.

Semoga Allah Ta’ala menolong kita dari kesyirikan. Semoga Allah Ta’ala melindungi diri dari dosa dan maksiat. Semoga Allah Ta’ala menguatkan kita dalam taat dan taqwa. Semoga Allah Ta’ala melindungi diri dan keluarga kita dari segala jenis dosa.

Dan kelak, semoga Allah Ta’ala mematikan kita dalam keadaan khusnul khatimah, dalam berislam, saat mengucapkan kalimat Laa Ilaha Illallah Muhammadan Rasulullah. Aamiin. [Pirman]

Belanjut ke Tiga Golongan yang Pasti Ditolong Allah (3)

- Advertisement -

Terbaru

- Advertisment -