Selain 4 Aktivitas Ini, Anda Terjebak dalam Sarang Setan (2)

Lanjutan dari Terjebak Sarang Setan

“Semua amalan itu,” pungas Imam al-Ghazali menerangkan aktivitas ketiga ini, “lebih utama dari ibadah-badah sunnah. Karena semua itu merupakan ibadah sekaligus bentuk sifat santun kepada kaum Muslimin.”

Mengupayakan Nafkah

- Advertisement -

“Jika tidak sanggup melakukan ketiga hal di atas,” lanjut Imam al-Ghazali, “maka sibukkanlah dirimu dengan mengupayakan nafkah yang halal bagi diri dan keluargamu.”

Mencari nafkah bukan hanya bermanfaat bagi diri dan keluarga, tapi juga bagi kaum Muslimin secara umum. Di antara keutamaan yang didapatkan ialah;

  • Terhindar dari keburukan karena ketidakmampuan
  • Kaum Muslimin aman dari kejahatan lidah dan tangannya
  • Merupakan aktivitas yang menyelamatkan agama
  • Digolongkan dalam derajat ashabul yamin (golongan kanan) yang selamat

Hendaknya empat aktivitas ini dilakukan dengan kesungguhan hati. Upayakanlah untuk melakukan yang palig utama atau paling bawah. Akan lebih baik jika mampu menggabungkan keempat aktivitas ini dalam satu waktu sepanjang hari.

Ketika kaum Muslimin melakukan selain 4 aktivitas ini, Imam al-Ghazali menyampaikan peringatan yang serius. Pasalnya, selain 4 aktivitas ini termasuk dalam aktivitas setan yang amat membahayakan keselamatan seorang hamba.

“Adapun di bawah semua itu merupakan sarang setan. Yakni ketika engkau sibuk melakukan hal-hal yang dapat merusak nilai-nilai agamamu, atau engkau menyakiti saah seorang di antara hamba-hamba Allah Ta’ala.” tutur penulis kitab Ihya’ ‘Ulumuddin yang monumental ini.

Jika melakukan dua hal yang disebutkan terakhir ini, seorang manusia tergolong orang yang celaka dan pasti hancur binasa.

- Advertisement -

“Ini merupakan tingkatan orang-orang yang hancur binasa. Waspadalah! Jangan sampai engkau termasuk dalam tingkatan ini.” pungkas Imam al-Ghazali menguraikan.

Mari meneliti aktivitas kita dari matahari terbit dampai menjelang waktu Zhuhur. Adakah kita melakukan 4 aktivitas ini? Ataukah sibuk dengan selain aktivitas selain ini? Jika kesibukan kita adalah dua aktivitas selain 4 aktivitas ini, maka kita termasuk orang yang celaka, merugi, pasti hancur binasa, dan termasuk dalam sarang setan.

Semoga Allah Ta’ala menolong kita untuk senantiasa sibuk dalam berbagai jenis amal shalih. Aamiin.

Wallahu a’lam. [Pirman/Kisahikmah]

*Buku Bidayatul Hidayah bisa dipesan di 085691479667

- Advertisement -

Terbaru

Nasehat Rasulullah Ini Mak Jleb Buat Kita di Bulan Syawal

“Ayo, mana yang lain?” Admin ODOJ mengingatkan di grup. Banyak yang belum tuntas tilawah harian. Pertengahan Syawal telah lewat, namun setoran juz...

Kisah Imam Ahmad dan Dahsyatnya Istighfar Penjual Roti

Sebelum meninggal, Imam Ahmad rahimahullah menceritakan bahwa suatu waktu dalam hidupnya, ketika usianya mulai tua, tiba-tiba muncul keinginan untuk mengunjungi satu kota...

Habis Idul Fitri Langsung Puasa Syawal, Ini Keutamaannya

Idul Fitri 1 Syawal 1441 Hijriyah jatuh pada hari Ahad, 24 Mei 2020. Senin, 2 Syawal 1441 bertepatan dengan 25 Mei 2020,...

Lailatul Qadar Jatuh pada Malam 27 Ramadhan? Ini Dalil dan Tandanya

Lailatul Qadar jatuh pada malam berapa? Tak ada seorang pun yang bisa memastikannya. Namun ada dalil hadits yang menunjukkan secara umum, kemudian...