Orang Ini Mampu Mengenali Rumahnya di Surga

Saat menjelaskan surat al-A’raf [7] ayat 43 di dalam Tafsir al-Qur’an al-‘Azhim, Imam Ibnu Katsir Rahimahullahu Ta’ala mengutip riwayat dari Imam al-Bukhari Rahimahullahu Ta’ala dari sahabat mulia Abu Sa’id al-Khudhri Radhiyallahu ‘anhu. Disebutkan dalam riwayat tersebut, “Salah seorang di antara kalian lebih mengenal terhadap rumahnya yang berada di surga daripada pengenalan mereka terhadap tempat tinggalnya di dunia.”

- Advertisement -

“Jika orang-orang yang beriman telah selamat dari neraka, mereka akan ditahan di jembatan yang terletak antara surga dan neraka. Mereka akan diqishash untuk setiap perbuatan zhalim yang pernah terjadi di antara sesamanya ketika di dunia. Jika sudah dibersihkan dan disucikan, mereka diizinkan masuk ke dalam surga.

Demi jiwaku yang berada di tangan-Nya, sesungguhnya salah seorang di antara kalian lebih mengenali terhadap rumahnya yang berada di surga melebihi pengenalan mereka terhadap tempat tinggalnya di dunia.”

***

Surga ini diperuntukkan bagi orang Islam yang memiliki dua syarat; beriman dan senantiasa beramal shalih. Diserukan kepada mereka, “Itulah surga yang diwariskan kepadamu disebabkan apa yang dahulu kamu kerjakan.” (Qs. al-A’raf [7]: 43)

“Disebabkan oleh amal kalian,” tulis Imam Ibnu Katsir Rahimahullahu Ta’ala dalam Tafsir al-Qur’an al-‘Azhim, “maka kalian mendapatkan rahmat sehingga kalian bisa masuk surga dan mendapati tempat kalian sesuai dengan amal-amal kalian.”

***

- Advertisement -

Lalu bayangkanlah ketika Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wa sallam bersabda sebagaimana diriwayatkan oleh Imam al-Bukhari dan Imam Muslim Rahimahumallahu Ta’ala, “Ketahuilah bahwa amal salah seorang di antara kalian tidak akan memasukkan kalian ke dalam surga.”

Kemudian para sahabat bertanya, “Termasuk Engkau, ya Rasulullah?”

“Tidak juga aku,” tutur Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wa sallam, “kecuali jika Allah Ta’ala melimpahkan rahmat dan karunia-Nya kepadaku.”

Bahkan Nabi yang amat banyak amalnya dan pasti diterima tak kuasa masuk ke dalam surga, kecuali atas Rahmat dari Allah Ta’ala. Lantas bagaimana dengan kita yang amalnya amat sedikit?

Maka semoga kita termasuk dalam kategori yang diterangkan dalam ayat ini, “Hati mereka beriman dan mereka pun mengerjakan amal shalih dengan seluruh anggota tubuh mereka.”

- Advertisement -

Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kepada-Mu Ridha-Mu dan surga. Dan kami berlindung kepada-Mu dari dahsyatnya api neraka. Aamiin.

Wallahu a’lam. [Pirman/Kisahikmah]

*Pesan terjemah Tafsir Ibnu di 085691479667

 

- Advertisement -

Terbaru

Inilah Ayat yang Membuat Umar Masuk Islam

Kemarahan Umar bin Khattab memuncak. Ia merasa agama baru telah membuat ajaran nenek moyangnya terinjak-injak. Maka ia ambil pedang, lalu pergi untuk mengakhiri apa...

Jenazah Utuh Thalhah bin Ubaidillah Saat Makamnya Dipindah

Thalhah bin Ubaidillah radhiyallahu ‘anhu gugur sebagai syahid pada Perang Jamal. 30 tahun kemudian, saat kaum muslimin memindahkan makamnya, mereka menyaksikan sebuah keajaiban. Jenazah...

Kisah Umar Marah kepada Abu Bakar Melebihi Marahnya kepada Utsman

Umar bin Khattab pernah marah kepada beberapa sahabat, terutama Abu Bakar Ash Shiddiq. Saat itu Umar sedang berduka karena menantunya meninggal dunia sehingga putrinya...

Penasaran Hadits Ini, Istri-Istri Nabi Mengukur Panjang Tangannya

Para istri Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam sangat mencintai beliau. Tak hanya ingin menemani beliau di dunia, para ummul mukminin juga ingin segera menyusul Rasulullah...