Amalkan 4 Kiat Ini, Dijamin Sukses Dunia dan Akhirat

0
ilustrasi. sumber: www.beritabanjarmasin.com

Tiada satu pun manusia normal di dunia ini, melainkan mendambakan kesuksesan dalam kehidupannya. Sukses dalam pendidikan, karir, kehidupan sosial, finansial, dan juga keluarga. Sebagai seorang Muslim, dimensi kesuksesan tentu harus ditambahkan berupa kebahagiaan di akhirat. Sebab dunia hanyalah tempat persinggahan untuk mengumpulkan sebanyak-banyaknya bekal guna hadapi kehidupan setelah kematian.

Guna menggapai sukses di dunia dan akhirat itu, kita membutuhkan kiat. Meski banyak kiat yang sudah disajikan oleh berbagai pakar, ada satu teori yang disebut sebagai Zero Base oleh Ahmad Riawan Amin. Di dalam teori ini terdapat 4 kiat yang jika diamalkan, insya Allah pelakunya akan mendapatkan sukses di dunia dan akhirat.

Tidak Percaya Diri, Tidak Rendah Diri, Tapi Percaya pada Allah

Percaya diri itu penting. Tapi ianya harus diletakkan sesuai dengan konteks. Tidak boleh disamaratakan dalam setiap kondisi. Pasalnya, manusia memang sangat lemah dan sedikit daya. Bahkan di hadapan setan, manusia secara umum lebih sering kalah. Padahal, godaan setan itu lemah. Tapi, banyak manusia yang terjerumus dalam godaan nan menyesatkan itu.

Namun demikian, kita dilarang bersikap merendah diri di hadapan sesama. Harus percaya. Harus kuat. Tidak boleh lemah. Tidak boleh tanpa daya.

Nah, kombinasi yang paling apik dari tidak percaya diri dan tidak rendah diri adalah percaya kepada Allah Ta’ala. Menyandarkan urusan kepada diri sendiri adalah kekeliruan. Sebab diri amatlah lemah. Sedangkan menyandarkan diri kepada Allah adalah kekuatan yang amat dahsyat.

Ketika rendah diri di hadapan makhluk termasuk larangan yang besar, hal itu justru dianjurkan di hadapan Allah Ta’ala. Bersikaplah rendah diri di hadapan-Nya, niscaya Dia akan menjadikan kita mulia dan terhormat di kalangan makhluk-makhluk-Nya.

Tidak Terpaku Masa Lalu dan Tidak Obsesif dengan Masa Depan

Gunakanlah masa lalu dengan bijak. Hanya sebagai kaca spion dan pelajaran bagi kehidupan saat ini dan yang akan datang. Demikian pula dengan masa depan. Tidak perlu obsesif. Tidak usah galau. Tidak usah terlalu repot memikirkan hingga diri tak melakukan apa pun sebab mengkhawatirkan masa depan yang belum pasti.

Fokuslah pada hari ini. Lakukan apa yang seharusnya kita kerjakan. Lakukan dengan sepenuh hati. Dengan hati yang riang. Lakukan dengan mengambil pelajaran dari masa lalu dan merencanakan masa depan dengan perencanaan terbaik.

Selebihnya, percayalah pada Allah Ta’ala. Dia mustahil menzhalimi hamba-hamba-Nya.

Bersambung ke Sukses Dunia dan Akhirat dengan 4 Kiat Zero Base (2)

 

Berita sebelumyaPrinsip Dakwah dalam Sosok Gareng
Berita berikutnyaAmalkan 4 Kiat Ini, Dijamin Sukses Dunia dan Akhirat