Masih Malas Shalat? 6 Siksa Ini Menunggu Anda!

0
ilustrasi malas shalat @open.az

Al-Qur’an mendidik kaum Muslimin dengan cara yang sempurna. Berimbang. Tidak berat sebelah. Penuh dengan kebaikan dan hikmah.

Di antara poin yang ditekankan di dalam al-Qur’an, ketika disebutkan pahala atas sebuah amal kebajikan pasti disebut pula hukuman bagi siapa yang meninggalkannya. Metode penghargaan lawan hukuman ini pun banyak kita dapati di dalam banyak riwayat hadits Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wa sallam yang mulia.

Tentang shalat, misalnya, kita banyak menjumpai riwayat yang menjelaskan pahalanya. Sebagai metode menakut-nakuti, karena memang hal itu salah satu fitrah manusia, banyak juga riwayat yang menyebutkan tentang hukuman yang pasti diterima bagi kaum Muslimin yang malas melakukan salah satu kewajiban utama ini.

Berikut 6 siksa yang pasti Anda dapatkan jika masih malas mendirikan shalat, apa pun alasannya. Celakanya, 6 siksa ini diberikan sejak di dunia, setelah masuk ke alam kubur, dan kelak di neraka. Na’udzubillah.

Pertama, berperilaku seperti orang kafir. Padahal, shalat merupakan pembeda (furqan) utama antara orang-orang yang beriman dengan orang-orang yang ingkar. Shalat itu wajib. Haram ditinggalkan.

Kedua, digelayuti kesialan hidup.

Orang yang malas mendirikan shalat, bisa jadi mendapatkan kehidupan dunia yang menyenangkan. Tapi yakinlah, kesenangan itu hanya dalam pandangan manusia, sementara, dan amat fana. Di baliknya adalah bahagia semu dan kegelisahan yang tidak ada ujungnya.

Ketiga, nafsunya semakin liar dan bergejolak.

Shalat itu menundukkan nafsu dan syahwat karena di dalamnya ada banyak kalimat dzikir yang diucapkan. Kalimat dzikir membuat seorang hamba tenang dan bahagia. Sebaliknya, saat hati kosong dari nama Allah Ta’ala, ianya hanya menjadi sarang bagi nafsu dan syahwat yang merusak.

Keempat, mati dalam keadaan mengenaskan.

Ialah su’ul khatimah, akhir kehidupan yang buruk. Jika seorang hamba jarang mendirikan shalat, dia pasti sibuk dalam maksiat atau berbagai jenis kesia-siaan. Kesibukan buruknya itulah yang pasti mengantarkannya menuju ajal.

Kelima, hadiah siksa kubur yang mengerikan.

Siapa meninggalkan shalat karena malas, ada hadiah yang pasti diperoleh setelah masuk ke alam kubur. Di antaranya; dipukul dengan palu besar, dililit ular dan kalajengking, mukanya hitam saat dibangkitkan di Yaumul Mahsyar.

Keenam, neraka saqar pun menanti.

Hal ini sebagaimana diseburkan dalam firman Allah Ta’ala,

“’Apakah yang memasukkan kamu ke dalam Saqar (neraka)?’ Mereka menjawab, ‘Kami dahulu tidak termasuk orang-orang yang mengerjakan shalat,’” (Qs. al-Mudatstsir [74]: 42-43)

Wallahu a’lam. [Pirman/Kisahikmah]

Rujukan: Mutiara Hikmah Facebook 1, KH Muhammad Arifin Ilham, Sygma Publishing, Bandung, 2012.

Berita sebelumyaRajin Shalat, Tapi Bermaksiat? Ini 5 Penjelasan KH Muhammad Arifin Ilham
Berita berikutnyaRasa Lelah yang Dipenuhi Berkah