Pertanyaan yang Membuat Rasulullah Murka dan Pucat Pasi

6
ilustrasi @filestin

Dalam sebuah riwayat Ibnu Ishaq dari Sa’id bin Jubair, Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam murka dan wajahnya pucat pasi saat mendapati pertanyaan orang-orang Yahudi yang datang kepada beliau.

Apakah pertanyaan mereka? Dan, jika pertanyaan ini dialamatkan kepada kita, apakah jawaban yang harus kita sampaikan?

“Wahai Muhammad,” seru sekelompok Yahudi terlaknat itu, “Allah Ta’ala Pencipta makhluk, lalu siapakah yang menciptakan Allah?”

Atas pertanyaan tersebut, Sa’id bin Jubair menuturkan, “Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam pun murka, wajahnya pucat pasi.” Hingga, datanglah malaikat Jibril ‘Alaihis salam yang diutus Allah Ta’ala untuk memberitahukan kepada Nabi tentang jawaban yang harus beliau sampaikan.

“Tenangkanlah dirimu, wahai Muhammad,” demikian nasihat Jibril ‘Alaihis salam. Lalu, imamnya para malaikat ini membacakan jawaban yang diberikan dari Allah Ta’ala untuk disampaikan kepada Yahudi penanya.

“Katakanlah, ‘Dialah Allah, Yang Mahaesa. Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu. Dia tiada beranak dan tidak pula diperanakkan, dan tidak ada seorang pun yang setara dengan Dia.’” (Qs. al-Ikhlash [112]: 1-4)

Mendengar jawaban Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, sekelompok Yahudi itu pun melanjutkan pertanyaan bodohnya. Kata mereka, “Bagaimana bentuk-Nya? Bagaimana hasta-Nya? Bagaimana bentuk lengan atas-Nya?”

Jibril ‘Alaihis salam pun kembali turun ke bumi, meminta Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam untuk menenangkan diri, lalu menyampaikan jawaban yang dibawanya dari Allah Ta’ala.

“Dan mereka tidak mengagungkan Allah dengan pengagungan yang semestinya, padahal bumi seluruhnya dalam genggaman-Nya pada Hari Kiamat dan langit digulung dengan tangan kanan-Nya. Mahasuci Tuhan dan Mahatinggi Dia dari apa yang mereka persekutukan.” (Qs. az-Zumar [39]: 67)

Di antara hikmah yang terkandung dalam riwayat yang dikutip oleh Syeikh Ibnu Muflih al-Maqdisi ini adalah tentang bolehnya memberikan argumentasi saat mendapatkan pertanyaan dari orang Yahudi. Ialah argumentasi terbaik yang langsung direkomendasikan dari Allah Ta’ala melalui Kalam-Nya.

Namun, jika pertanyaan tersebut berasal dari setan, maka kalimat yang pertama kali disampaikan sebagai jawaban adalah dengan berlindung kepada Allah Ta’ala melalui penyebutan nama-nama-Nya yang Mahaagung.

Semoga Allah Ta’ala melindungi kita dari godaan setan. Semoga Allah Ta’ala melindungi kita dari kesesatan Yahudi. Semoga Allah Ta’ala memberikan petunjuk kepada kita semua menuju jalan yang lurus. Aamiin. [Pirman/Kisahikmah]

Berita sebelumyaEmpat Kriteria Taqwa menurut Sayyidina ‘Ali bin Abi Thalib (2)
Berita berikutnyaNggak Jadi Zina Gara-Gara Sang Gadis Menyebut Nama Allah

6 KOMENTAR

  1. Sepertinya tidak masuk akal jahudi bertanya begitu, karena secara historis agama jahudi sangat mempercayai adanya satu Tuhan, monotheisme dan tidak beranak serta memperanakkan, bagi jahudi disebut dengan yahwe, inilah akar dari agama semitisme, nabi Daud dan nabi sulaiman adalah orang jahudi yang beragama jahudi dan dimuliakan islam

  2. I am asif khan Aap log hamare nabi ke bare main bahut kuch khe rahe ho or is saite per bhut kuch likha hain par kabhi aap apni dharm ki kitbao ko padh lo aap ko usme nabi ka zikr bhi mail jayega or islam ki sachai bhi pata chal jayegiAB AAP KHOGE KI BATAO TO MAIN AAP KO DR. JAKIR NAYAK KI VIDEO JO KI AAP YOUTUBE ISLAM OR SANATEN DHARM LIKH YA DR. JAKIR NAYAK VIDEO LIKH KAR DEKH SAKHTE HO .AAP LOGO KO YAHA PAR GATET BATAIN BATAI JA RAHI HAIN OR AGAR BAT SAHI HO TO USE GALET SHOW KI JATA HAIN ISLAM DHARM KI BAT KO SAMEJNE KE LIYE SIRF EK HADIS WE QURAN KI AAYAT KAFI NAHAHI JESE EK QURAN KI AAYAT KO SAMAJNE KE LIYE KAHI HADIS KO SAMJNA HOGA OR HADIS KO SAMJNE KE LIYE KAYI HADIS VE QURAN KI AAYAT KO SAMJNA HOGAMARI AAP SAB SE REQWEST HAIN KI AAP SAB YHAN GALAT FEHAMI ME NA PADHE OR ISE SITE KO BAND KARE KI KASIS KARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.