Orang yang Terakhir Masuk Surga

1

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam sampai tertawa hingga terlihat gigi geraham beliau saat menceritakan orang yang terakhir masuk surga.

Orang yang masuk surga terdiri dari tiga golongan. Pertama, orang-orang kafir. Mereka kekal di neraka. Kedua, orang-orang munafik. Mereka juga kekal di neraka. Ketiga, orang-orang mukmin yang dosanya lebih banyak daripada pahalanya sehingga ia dimasukkan ke neraka. Mereka ini masuk neraka untuk sementara. Jika Allah telah mengampuni mereka, telah dibersihkan dosanya dengan siksa neraka, Allah mengeluarkan mereka dari sana dan memasukkannya ke surga.

Orang yang terakhir keluar dari neraka otomatis menjadi orang terakhir yang masuk surga. Orang inilah yang diceritakan Rasulullah dalam haditsnya. Di antaranya, dalam riwayat Imam Muslim sebagai berikut:

إِنِّي لَأَعْلَمُ آخِرَ أَهْلِ النَّارِ خُرُوجًا مِنْهَا وَآخِرَ أَهْلِ الْجَنَّةِ دُخُولًا الْجَنَّةَ رَجُلٌ يَخْرُجُ مِنْ النَّارِ حَبْوًا فَيَقُولُ اللَّهُ تَبَارَكَ وَتَعَالَى لَهُ اذْهَبْ فَادْخُلْ الْجَنَّةَ فَيَأْتِيهَا فَيُخَيَّلُ إِلَيْهِ أَنَّهَا مَلْأَى فَيَرْجِعُ فَيَقُولُ يَا رَبِّ وَجَدْتُهَا مَلْأَى فَيَقُولُ اللَّهُ تَبَارَكَ وَتَعَالَى لَهُ اذْهَبْ فَادْخُلْ الْجَنَّةَ قَالَ فَيَأْتِيهَا فَيُخَيَّلُ إِلَيْهِ أَنَّهَا مَلْأَى فَيَرْجِعُ فَيَقُولُ يَا رَبِّ وَجَدْتُهَا مَلْأَى فَيَقُولُ اللَّهُ لَهُ اذْهَبْ فَادْخُلْ الْجَنَّةَ فَإِنَّ لَكَ مِثْلَ الدُّنْيَا وَعَشَرَةَ أَمْثَالِهَا أَوْ إِنَّ لَكَ عَشَرَةَ أَمْثَالِ الدُّنْيَا قَالَ فَيَقُولُ أَتَسْخَرُ بِي أَوْ أَتَضْحَكُ بِي وَأَنْتَ الْمَلِكُ

“Sesungguhnya aku mengetahui penduduk neraka yang terakhir keluar darinya dan dia menjadi penduduk surga yang terakhir kali masuk surga, yaitu seorang laki-laki yang keluar dari neraka dalam keadaan merangkak, lalu Allah berkata kepadanya, ‘Pergilah, dan masuklah surga. Lalu dia mendatanginya, lalu dikhayalkan kepadanya bahwa surga telah penuh. Lalu dia kembali seraya berkata, ‘Wahai Rabbku, aku mendapatinya telah penuh.’ Maka Allah berfirman kepadanya, ‘Masuklah surga.’ Lalu dia mendatanginya, lalu dikhayalkan kepadanya bahwa ia telah penuh. Lalu dia kembali seraya berkata, ‘Wahai Rabbku, aku mendapatinya telah penuh.’ Maka Allah berkata kepadanya, ‘Pergilah, lalu masuklah ke surga, karena kamu mendapatkan seperti dunia dan sepuluh kali lipat semisalnya, -atau kamu mendapatkan sepuluh kali lipat semisal dunia-.’ Dia berkata, ‘Apakah Engkau mengolok-olokku atau menertawankku sedangkan Engkau adalah Raja’.” (HR. Muslim)

Dikatakan oleh perawi, Rasulullah tertawa hingga terlihat gigi geraham beliau.

Demikianlah kedudukan orang terakhir yang masuk surga. Ia diberikan bagian surga seluas sepuluh kali bumi. Padahal bumi sekarang ini bisa menampung empat milyar orang.

Lalu bagaimana kedudukan orang-orang yang masuk surga sejak awal, tanpa masuk neraka? Tentu lebih luar biasa. Semoga kita termasuk bagian dari mereka. [Kisahikmah]

Berita sebelumyaKado bagi Si Homo; Kemaluannya Patah!
Berita berikutnyaBara’ah Abu Lail, Gadis Penghafal Qur’an yang Kehilangan Orangtua dan Kakinya

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.