4 Keutamaan Puasa Arafah

0
6181
keutamaan puasa arafah

Puasa arafah merupakan puasa sunnah yang sangat dianjurkan (muakkadah). Keutamaannya luar biasa. Setidaknya, ada tiga keutamaan puasa arafah sebagaimana diterangkan para ulama berdasarkan hadits-hadits berikut ini.

1. Keutamaan puasa arafah terpopuler: menghapus dosa 2 tahun

Ini adalah keutamaan puasa arafah yang paling populer. Puasa di hari arafah, dapat menghapus dosa dua tahun yakni dosa tahun sebelumnya dan dosa tahun sesudahnya sebagaimana disabdakan Rasulullah dalam banyak hadits shahih.

وَسُئِلَ عَنْ صَوْمِ يَوْمِ عَرَفَةَ فَقَالَ يُكَفِّرُ السَّنَةَ الْمَاضِيَةَ وَالْبَاقِيَةَ

Rasulullah ditanya tentang puasa hari Arafah, beliau bersabda: “Menghapuskan dosa satu tahun yang lalu dan satu tahun yang akan datang.” (HR. Muslim)

2. Amalan 10 hari pertama bulan Dzulhijjah

Puasa arafah merupakan salah satu amal khusus pada 10 hari pertama bulan Dzulhijjah. Secara umum, amal-amal pada 10 hari ini merupakan amal yang memiliki keutamaan.

Amal shalih pada 10 hari pertama bulan Dzulhijjah sangat dicintai Allah dibanding waktu lainnya, bahkan setara dengan jihad fi sabilillah yang membuat seorang mujahid syahid dan hartanya habis di jalan Allah.

مَا مِنْ أَيَّامٍ الْعَمَلُ الصَّالِحُ فِيهَا أَحَبُّ إِلَى اللَّهِ مِنْ هَذِهِ الْأَيَّامِ يَعْنِي أَيَّامَ الْعَشْرِ قَالُوا يَا رَسُولَ اللَّهِ وَلَا الْجِهَادُ فِي سَبِيلِ اللَّهِ قَالَ وَلَا الْجِهَادُ فِي سَبِيلِ اللَّهِ إِلَّا رَجُلٌ خَرَجَ بِنَفْسِهِ وَمَالِهِ فَلَمْ يَرْجِعْ مِنْ ذَلِكَ بِشَيْءٍ

“Tidak ada satu amal shalih yang lebih dicintai oleh Allah melebihi amal shaleh yang dilakukan pada hari-hari ini (yaitu 10 hari pertama bulan Dzul Hijjah).” Para sahabat bertanya: “Tidak pula jihad di jalan Allah?” Nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam menjawab: “Tidak pula jihad di jalan Allah, kecuali orang yang berangkat jihad dengan jiwa dan hartanya namun tidak ada yang kembali satupun.” (HR. Abu Dawud dan Ibnu Majah. Hadits senada juga diriwayatkan oleh Tirmidzi dan Ahmad)

3. Dilaksanakan di hari Arafah

Puasa arafah sangat utama karena dikerjakan pada hari arafah. Pada hari arafah tersebut, Allah Subhanahu wa Ta’ala banyak membebaskan manusia dari neraka.

مَا مِنْ يَوْمٍ أَكْثَرَ مِنْ أَنْ يُعْتِقَ اللَّهُ فِيهِ عَبْدًا مِنَ النَّارِ مِنْ يَوْمِ عَرَفَةَ

Tidak ada hari di mana Allah membebaskan hamba dari neraka melebihi hari arafah (HR. Muslim)

Baca juga: fiqih dan pembahasan niat puasa arafah

4. Tidak pernah ditinggalkan Rasulullah

Dalam Fiqih Sunnah karya Sayyid Sabiq dan Fiqih Islam wa Adillatuhu karya Prof Dr Wahbah Az Zuhaili dijelaskan, Rasulullah tidak pernah meninggalkan puasa arafah. Ini menunjukkan keutamaan yang luar biasa.

أَرْبَعٌ لَمْ يَكُنْ يَدَعُهُنَّ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صِيَامَ عَاشُورَاءَ وَالْعَشْرَ وَثَلَاثَةَ أَيَّامٍ مِنْ كُلِّ شَهْرٍ وَرَكْعَتَيْنِ قَبْلَ الْغَدَاةِ

Ada empat perkara yang tidak pernah ditinggalkan oleh Rasulullah yaitu puasa asyura, puasa hari arafah, puasa tiga hari setiap bulan dan shalat dua rakaat sebelum subuh (HR. An Nasa’i dan Ahmad)

Demikian keutamaan puasa arafah dan semoga kita dimudahkan Allah untuk mengerjakannya. Allahumma aamiin, wallahu a’lam bish shawab. [Muchlisin BK/Kisahikmah]