Karena 3 Unsur Ini, Tasawuf Tidak Sesat! (2)

0
sumber gambar: faisalpasha.com

Lanjutan dari Karena 3 Unsur Ini, Tasawuf Tidak Sesat!

Unsur Jihad

Jihad ini dipersepsikan sebagai sebuah amalan yang menakutkan oleh musuh-musuh Islam. jihad, akhir-akhir ini, dipaksa untuk disamakan dengan teror. Padahal, Islam sangat membenci dan mengharamkan teror, tapi Islam sangat menganjurkan jihad dan menempatkannya sebagai salah satu amalan yang paling agung di dalam Islam.

Spirit jihad dalam tasawuf yang diusung oleh seorang salik, ialah semangat untuk terjun ke dalam masyarakat secara aktif. Dengan bekal yang dimiliki, ia bergegas ke seantero pelosok bumi, bertebaran ke berbagai aspek kehidupan, untuk menjadi tabib bagi penyakit yang dialami masyarakat.

Semangat jihad dalam taswauf ini pula yang semakin menekankan aspek adab dalam ajaran yang belakangan dicap sesat oleh orang-orang yang kurang memahami Islam lantaran menyamaratakan praktik tasawuf oleh oknum-oknum yang nyata kesesatannya.

Padahal, semangat akhlak dalam tasawuf merupakan tujuan utama diutusnya Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam kepada umat manusia. Dengan semangat kesungguhan (jihad), seorang sufi akan berusaha dengan kemampuan terbaiknya untuk memperbaiki akhlak masyarakat setelah dan di saat dia memperbaiki akhlak dirinya sendiri.

Semangat jihad ini pula yang membebaskan para sufi agung dari rasa keterjajahan. Maka mereka menjadi yang terdepan dalam memimpin umat untuk melawan penjajah, pada zamannya masing-masing.

Penjelasannya, hanya orang-orang yang bersih jiwanya yang mampu mengerahkan seluruh potensinya untuk melawan penjajah. Dimana mereka mengerahkan kekuatan fisik, kemampuan finansial, dan investasi waktu yang teramat panjang dalam medan yang terjal nan berliku.

Jihad juga mustahil dilakukan oleh mereka yang tersandera dengan dunia. Orang yang dipikiran dan otaknya hanya ada harta, tahta, dan wanita hanya akan mengumpulkannya, dan sangat takut dengan datangnya kematian. Padahal, jihad merupakan sarana yang sangat dekat dengan kematian yang dengannya para mujahid akan dimasukkan ke dalam surga dan bertemu dengan Allah Ta’ala.

Semangat jihad inilah yang senantiasa dipelajari dan dipupuk dalam kajian-kajian tasawuf sejati. Dengannya, kaum Muslimin akan memiliki semangat akhirat, ghirahnya surga, dan menjadikan Allah Ta’ala sebagai tujuan tertinggi dalam kehidupannya.

Bersambung ke Karena 3 Unsur Ini, Tasawuf Tidak Sesat! (3)

Berita sebelumyaKarena 3 Unsur Ini, Tasawuf Tidak Sesat!
Berita berikutnyaKarena 3 Unsur Ini, Tasawuf Tidak Sesat! (3)