Jika Lakukan Ini, Anda adalah Pemegang Panji-Panji Setan

0
11566

Berhati-hatilah saat hendak keluar rumah untuk melakukan aktivitas apa pun. Karena di dalam setiap pintu rumah, ada dua panji. Yang pertama adalah panji-panji malaikat. Sedangkan yang kedua merupakan panji-panji setan. Jika tidak waspada, bisa saja seorang muslim keluar rumah dengan menyertakan panji-panji setan di tangannya.

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda sebagaimana diriwayatkan oleh Imam Ahmad bin Hanbal, “Setiap orang yang akan keluar rumah, di pintunya pasti ada sebuah panji-panji di tangan malaikat dan panji-panji di tangan setan.”

Panji-panji di tangan malaikat itu, kelak akan diberikan kepada orang beriman yang keluar rumah dengan niat ibadah dan tidak dalam rangka mendurhakai atau mengundang murka Allah Ta’ala. “Apabila ia keluar untuk sesuatu yang dicintai Allah Ta’ala,” lanjut Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, “maka malaikat akan mengikutinya dengan panji-panjinya.”

Senantiasa seperti itu, terus menerus, hingga orang tersebut menyelesaikan urusan dan kembali ke rumahnya.

Sebaliknya, siapa saja yang keluar rumah untuk melakukan aktivitas yang mengundang murka Allah Ta’ala, maka ia akan diikuti oleh setan yang membawa panji-panjinya. “Dan jika dia keluar untuk sesuatu yang dimurkai Allah Ta’ala,” tutur Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, “setan akan mengikutinya hingga ia pulang ke rumahnya.”

Pungkas Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam dalam sabdanya yang dikutip oleh Syeikh Ibnu Muflih al-Maqdisi dalam bukunya Agar Tidak Diperdaya Setan, “Dan ia akan terus di bawah panji-panji setan hingga pulang ke rumahnya.”

Ini adalah kabar kepastian yang tidak terdapat sedikit pun kedustaan di dalamnya. Sebab, perkataan yang paling benar setelah Kalam Allah Ta’ala adalah sunnah Nabi-Nya yang mulia. Bahwa setiap hari, peristiwa ini terjadi. Meski jarang bahkan mungkin tidak disadari oleh sebagian kita.

Karenanya, berhati-hatilah. Jangan sampai kita lelah beraktivitas seharian di luar rumah dengan membawa panji-panji setan hingga pulang kembali dan bertemu dengan anak-anak dan istri kita. Sebaliknya, pastikan dan jagalah dengan sungguh-sungguh, agar setiap kegiatan yang kita kerjakan bernilai ibadah dan bisa mengundang kecintaan Allah Ta’ala. Sehingga, kita bisa dengan gagah membawa panji-panji malaikat untuk menyertai seluruh aktivitas kita di luar rumah hingga kembali. [Pirman/Kisahikmah]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here