Terlalu Banyak Inspirasi Malah Gak Kunjung Berbisnis!

0
727
ilustrasi @Ranz

Dua orang wanita ini berdagang di Bazar Madinah binaan Kiyai Haji Muhaimin Iqbal. Ibu pertama menjual berbagai jenis minuman botol. Sedangkan ibu kedua memilih berjualan buah-buahan segar. Meski berdekatan, ada pemandangan yang sangat kontras antara dua pedagang ini.

Dagangan ibu pertama laris manis. Diserbu pembeli. Hampir semua orang yang datang membeli berbagai jenis air minum kepada ibu pertama. Udara kota tempat mereka berjualan juga terasa panas. Lengkap sudah faktor-faktor yang mendukung larisnya jualan ibu pertama.

Akan tetapi, ibu pertama ini tidak puas. Otaknya memikirkan sebuah jalan setelah lama menyaksikan dagangan ibu kedua yang membuka lapak di sebelahnya. Sedari tadi, hanya beberapa orang yang mampir. Jarang yang akhirnya memutuskan untuk membeli. Transaksi selalu batal, sebelum tawaran dimulai.

Lama berpikir, akhirnya ibu pertama mendekati ibu kedua. Ia memberitahukan kepada ibu kedua dengan cara berbisik.

Tak lama setelah itu, ibu kedua seperti menemukan harta karun. Ia bergegas keluar pasar, menuju ke sebuah tempat. Sang ibu kedua kembali beberapa menit setelahnya dengan membawa blender dan keringat yang mengucur deras dengan rona bahagia di wajahnya.

Setelah dagangan diubah nilai dari jualan buah menjadi jus, lapak ibu kedua pun tak kalah larisnya dengan ibu pertama. Dua lapak berdekatan itu, akhirnya, diserbu oleh pembeli.

***

Inspirasi itu datangnya dari mana saja. Ia bisa berasal dari orang terdekat atau orang terjauh. Inspirasi, bahkan bisa lahir dari orang yang membenci kita atau kita membencinya.

Akan tetapi, inspirasi tetaplah inspirasi. Ia tak akan pernah menjadi amal nyata jika tidak kita kerjakan segera. Ia hanya akan mengendap dan semakin menumpuk seiring berjalannya waktu. Bahkan, inspirasi hanya menjadi teori dan bualan semata saat penuturnya tak mampu mengamalkan inspirasi yang ia tularkan.

Kisah ini sangat sederhana. Tapi benar-benar menjadi bukti bahwa inspirasi saja tidak cukup. Kita tidak akan pernah sukses hanya dengan inpirasi. Kita juga tidak akan mulai berbisnis hanya dengan inspirasi berbusa-busa.

Bahkan, kebanyakan isnpirasi bisa membuat kita gak kunjung berbisnis. Maka belajarlah dari ibu kedua yang gegas mengamalkan inspirasi yang ia dapatkan dari ibu pertama.

Wallahu a’lam. [Pirman/Kisahikmah]

*Dapatkan JUTAAN INSPIRASI BISNIS bagi PEMULA dengan mendaftar di SINI. Diskon 45%. Investasi MURAH selama DUA TAHUN dengan materi 99 VIDEO MOTIVASI dan KIAT BISNIS.