Inilah Orang Yahudi dan Nashrani yang Selamat

9

Yahudi berasal dari kata hawadah yang bermakna kasih sayang, atau tawahhud yang bermakna taubat. Hal ini seperti dikatakan oleh Nabi Musa ‘Alaihis Salam sebagaimana termaktub di dalam surat al-A’raf [7] ayat 156, Allah Ta’ala berfirman, “Sesungguhnya kami kembali kepada-Mu.”

Makna ayat tersebut menurut Imam Ibnu Katsir dalam Tafsirnya, “Kami bertaubat.” Orang-orang Yahudi pada awalnya adalah kelompok yang menjadi pengikut Nabi Musa ‘Alaihis salam dan berhukum dengan syariat yang dibawa oleh anak angkat Fir’aun ini.

Masih di dalam Tafsir al-Qur’an al-‘Azhim, nama Yahudi dinisbatkan kepada Yahuda yang merupakan anak laki-laki tertua dari Nabi Ya’qub ‘Alaihis salam. Sedangkan Abu ‘Amr bin al-‘Ala’ mengatakan, “Disebut Yahudi karena mereka bergerak-gerak saat membaca kitab Taurat.”

Seiring berjalannya masa, tibalah zaman saat Nabi ‘Isa ‘Alaihis salam diturunkan. Allah Ta’ala pun mewajibkan kepada keturunan Yahudi yang mulanya menjadi pengikut Nabi Musa ‘Alaihis salam tersebut untuk berhukum kepada syariat yang dibawa oleh anak Maryam binti ‘Imran ini. Mereka yang menaati perintah Allah Ta’ala ini pun masyhur dengan sebutan Nashrani.

Dinamakan Nashrani karena mereka saling mendukung, tolong-menolong, dan membantu satu sama lainnya. Sebutan lain untuk mereka adalah Anshar sebagaimana termaktub dalam surat Ali ‘Imran [3] ayat 52, Allah Ta’ala berfirman,

“Maka tatkala ‘Isa mengetahui keingkaran mereka (Bani lsrail), berkatalah dia, ‘Siapakah yang akan menjadi penolong-penolongku untuk (menegakkan agama) Allah?’ Para hawariyyin (sahabat-sahabat setia) menjawab, ‘Kamilah penolong-penolong (agama) Allah. Kami beriman kepada Allah. Dan saksikanlah bahwa sesungguhnya kami adalah orang-orang yang berserah diri.'”

Pendapat lain mengatakan, dinamakan Nashrani karena mereka mendiami sebuah tempat yang bernama Nashirah. Ini merupakan pendapat Qatadah, Ibnu Juraij, dan ‘Abdullah bin ‘Abbas yang dikutip oleh Imam Ibnu Katsir dalam Tafsirnya.

Nah, setelah Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam diutus sebagai penutup para Nabi dan imam para Rasul Allah Ta’ala, kaum Bani Israil pun diperintahkan untuk mengimani semua yang dibawa oleh Muhammad, baik yang termaktub di dalam al-Qur’an maupun hadits. Apalagi, di dalam kitab Taurat dan Injil yang asli, yang dibawa oleh Nabi Musa dan ‘Isa ‘Alaihimas salam, terdapat kabar terkait diutusnya Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam.

Maka, orang Yahudi dan Nashrani yang selamat adalah mereka yang meninggalkan syariat Nabi Musa dan ‘Isa sebagaimana termaktub dalam Taurat dan Injil, kemudian mengimani Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam dengan meyakini semua ajaran al-Qur’an.

Sayangnya, jumlah mereka amat sedikit. Kebanyakan dari mereka sesat dan mengingkari perintah Allah Ta’ala. [Pirman/Kisahikmah]

Berita sebelumyaRahasia Puasa Menurut Imam Ibnu Katsir
Berita berikutnyaKorelasi Antara Puasa dan Jihad

9 KOMENTAR

  1. Di akhir zaman, Yahudi akan mengikuti dan mengabdi ke Dajjal dan pada saat itu turunlah Nabi Isa dimana semua umat Nasrani kembali beriman kepada Allah SWT dan bersama2 dengan Umat Muslim memerangi Dajjal dan Yahudi.

  2. Kalau membuat sebuah artikel, yang pintarlah buatnya.
    Demi membenarkan alquran, semua cara kalian lakukan, kayaknya kalian juga meragukan buku kalian itu, kasihan sekali.
    Semua kitab para nabi, kecuali nabi-nabian yg dari arab, adalah berbicara tentang mesias atau Yeshua Ha Masiach atau Juru selamat yg dijanjikan yang kami sebut Tuhan Yesus Kristus.
    Tuhan Yesus Kristus adalah inti nubuatan para nabi, ratusan bahkan ribuan tahun sebelum Yesus Kristus.
    Apapun alasannya, anak-anak Yesus Kristus tidak akan pernah mengakui alquran atau pun nabi yg kalian doakan.
    Perlu saya koreksi artikel murahan ini
    1. Yehuda bukanlah anak sulung Yakub, anak sulungnya adalah Ruben
    2. Disebut kaum nasrani adalah karena Yesus Kristus berasal dari daerah Nazareth
    Itu tidak perlu ditafsir, tinggal baca saja sejarahnya

    • Semoga Allah memberi hidayah kepadamu @pria.
      Saya mau tanya kepada anda, kenapa anda mengatakan kalo Yesus itu Tuhan.. Saya minta referensi anda dari bibir / ingin yg anda punya, ayat mana yg mengatakan kalo yesus itu tuhan..

    • Semoga Allah memberi hidayah kepada anda @pria.
      Saya mau tanya kepada anda, kenapa anda mengatakan kalo Yesus itu Tuhan.. Saya minta referensi anda dari kitab yg anda punya, ayat mana yg mengatakan kalo yesus itu tuhan dalam bible /injil anda..

    • Emang nabi yg lain lahir dimana? Hollywood? London? Paris? Milan?
      ohiya mama gw pernah cerita, pada saat dia mau masuk islam, opung gw yg pendeta itu bilang, “kamu boleh pindah agama, tapi jangan mundur”

      Artinya apa? Artinya perdalam ilmu agama gih

  3. Kenapa salib jadi lambang tuhan, padahal salib kalian yakini tempat kematiannya yg kalian anggap tuhan, ko yg dijadikan lambang tuh tempat penyiksaannya ya, kalo tuhan kalian mati di gantung ato di kursi listrik gimana, mw nempelin kursi listrik di dinding!!!??? Banyak org islam masuk agama kalian karna urusan perut yg takut tidak makan makanya mereka gadaikan akidah, tapi banyak ahli kitab masuk islam karna kecerdasan mereka dapat melihat mana agama yg hak dan mana agama yg bathil,. Semoga manfaat,..

  4. Yahudi itu sesat dan nasrani itu disesatkan oleh yahudi .. Saya bersaksi tiada tuhan selain allah dan nabi muhammad adalah utusan allah ..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.