Inilah Orang Pertama yang Masuk Surga di antara Umat Nabi Muhammad

22
haji berdoa (Okezone.com)

Melalui hadits shahih, kita mengetahui secara pasti bahwa orang pertama yang masuk surga adalah Rasulullah Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam. Lalu siapa orang yang pertama masuk surga dari umat beliau?

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menegaskan bahwa dirinya adalah orang pertama yang masuk surga. Beliau bersabda:

أَنَا أَوَّلُ مَنْ يَقْرَعُ بَابَ الْجَنَّةِ

“Aku adalah manusia pertama yang akan mengetuk pintu surga” (HR. Muslim)

آتِى بَابَ الْجَنَّةِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ فَأَسْتَفْتِحُ فَيَقُولُ الْخَازِنُ مَنْ أَنْتَ فَأَقُولُ مُحَمَّدٌ. فَيَقُولُ بِكَ أُمِرْتُ لاَ أَفْتَحُ لأَحَدٍ قَبْلَكَ

“Aku mendatangi pintu surga pada hari kiamat, lalu aku meminta dibukakan, maka penjaganya berkata, “Siapakah Anda?” Aku menjawab, “Muhammad.” Ia berkata, “Untukmu aku diperintah agar tidak membubakannya kepada siapapun sebelummu.” (HR. Muslim)

Jika Rasulullah adalah orang pertama yang masuk surga, maka umat beliau adalah umat pertama yang masuk surga dibandingkan umat-umat lainnya.

نَحْنُ الآخِرُونَ الأَوَّلُونَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ نَحْنُ أَوَّلُ النَّاسِ دُخُولاً الْجَنَّةَ

“Kita adalah umat terakhir yang pertama pada hari kiamat; kita adalah manusia pertama yang akan memasuki surga.” (HR. Ahmad)

Sedangkan orang pertama dari kalangan umat Nabi Muhammad yang akan masuk surga adalah Abu Bakar Ash Shiddiq radhiyallahu ‘anhu.

أَمَا إِنَّكَ يَا أَبَا بَكْرٍ أَوَّلُ مَنْ يَدْخُلُ الْجَنَّةَ مِنْ أُمَّتِى

“Engkau wahai Abu Bakar, adalah orang yang pertama masuk surga di antara umatku” (HR. Abu Dawud)

Masya Allah… sungguh pantas Abu Bakar menjadi orang pertama yang masuk surga di antara umat Nabi Muhammad. Beliaulah laki-laki dewasa yang pertama kali beriman kepada Rasulullah. Beliaulah yang senantiasa membenarkan Rasulullah sehingga digelari Ash Shiddiq. Beliaulah yang senantiasa menemani Rasulullah mulai dari dakwah di Makkah, hijrah hingga periode Madaniyah. Beliaulah yang menginfakkan banyak hartanya untuk dakwah. Saat hijrah beliau membawa seluruh hartanya guna menemani Rasulullah dan pada saat perang Tabuk beliau menginfakkan seluruh hartanya untuk jihad fi sabilillah. Beliaulah mertua Rasulullah dan orang yang paling dicintainya. Beliau pula orang yang menjadi imam saat Rasulullah sakit dan kemudian menjadi khalifah saat Rasulullah wafat. [Muchlisin BK/Kisahikmah]

Berita sebelumyaArtis yang Mantap Berjilbab setelah Membaca Dua Surat dalam al-Qur’an
Berita berikutnyaHikayat Pemabuk yang Menebas Leher Setan
CEO BedaMedia Grup, Inspirator di Trustco Gresik, Sekretaris Yayasan (Pendidikan) Al Ummah

22 KOMENTAR

      • dαrί λnαs bin Mαlik rα, sαɯ ɓerѕαɓdα: 
        λku DATANG ke PINTU SYURGA pαdα hαri Kiαmαt MEMINTA supαyα PINTU SYURGA DIBUKA.
        Penjαgα syurgα bertαnyα: ‘ENGKAU SIAPAʔ’
        αku menjαwαb: ‘ϺUHAMMAD’.” (HR.Muslim,292)

        musibαh…ternyata di akhirat:
        1. Muhammad gak dikenal.
        2. Muhammad berada di luar pintu syurga.
        3. Muhammad gak memiliki kunci pintu syurga.

        Wαhyu 3:5. Bαrαngsiαpα MENANG…Aku αkαn MENGAKU NAMANYA di HADAPAN BAPA-Ku

        Yᴏhαnes 10:9. λkυlαh PINTU; ƅαrαnɡsiαρα MASUK MELALUI λkυ, iα αkαn SELAMAT.

        Ϻαtiυs 16:19. Keραdαmυ αkαn Kυberikαn KUNCI Kerαȷααn Sᴏrɡα…

        • 1. Muhammad gak dikenal.????
          Malaikat belum buka pintunya,,,, dia belum melihat wajah Muhammad makanya dia nanya siapa anda dari dalam…

          2. Muhammad berada di luar pintu syurga,, ya iyalah belum ada manusia yang masuk surga sebelum hari kiamat…

          3. Muhammad gak memiliki kunci pintu syurga??? ya iyalah Muhammad emang penjaga pintu surga??,, di dalam Islam Malaikatlah yang penjaga pintu surga,, namanya Malaikat Ridwan..

          Nah sekarang kutipan injil
          Bαrαngsiαpα MENANG…Aku αkαn MENGAKU NAMANYA di HADAPAN BAPA-Ku…

          Yᴏhαnes 10:9. λkυlαh PINTU; ƅαrαnɡsiαρα MASUK MELALUI λkυ, iα αkαn SELAMAT.

          Ϻαtiυs 16:19. Keραdαmυ αkαn Kυberikαn KUNCI Kerαȷααn Sᴏrɡα…

          Pertanyaannya kita harus gimana unutuk dapet kunci dan masuk melalui yesus???? masuk melalui yesus ini seperti apa??? mengikuti ajarannya sudah pasti….tapi kalo menganggap dia tuhan dan menyembahnya,, apa pernah yesus bicara demikian???

    • nauzubillehi mindzalikh…muhammad masih berada di luar pintu syurge dunk…

      Lukαs 13:25. Jikα tuαn rumαh…telαh MENUTUP PINTU, kαmu αkαn berdiri di LUAR dαn MENGETOK-NGETOK PINTU sαmbil berkαtα: Tuαn, BUKAKANLAH kαmi PINTU! dαn αkαn menjαwαb dαn berkαtα kepαdαmu: Aku TIDAK TAHU dαri mαnα kαmu dαtαng.

    • InsyaALLAH, setiap niat hamba ALLAH akan dihijabahi bila niat yg baik diikuti dgn amalan yg baik pula, dan tetap berpegang teguh Iman, Islam, Ichsan

  1. Subhanallah ….. semoga Hamba & Keluarga Hamba-Mu ini d’selamatkan dunia dan akhirat amin ya Rabbal Alamin …….

  2. @ Biangkala

    Seharusnya anda berfikir, apakah anda sudah yakin masuk surga?? Kristen tidak akan pernah masuk surga, kenapa?? Baca alkitab anda lagi.. yg masuk surga hanyalah orang2 israel yg berjumlah 144.000 orang..mau bantah??

    Dan aku mendengar jumlah mereka yang dimeteraikan itu: seratus empat puluh empat ribu yang telah dimeteraikan dari semua suku keturunan Israel.” (Wahyu 7:4)

    Mereka menyanyikan suatu nyanyian baru di hadapan takhta dan di depan keempat makhluk dan tua-tua itu, dan tidak seorangpun yang dapat mempelajari nyanyian itu selain dari pada seratus empat puluh empat ribu orang yang telah ditebus dari bumi itu. (Wahyu 14:3)

    Apakah anda sudah menjalankan perintah yesus??renungkanlah kembali surga khayalan paulus..

  3. @ Biangkala

    Tetapi banyak orang yang terdahulu akan menjadi yang terakhir, dan yang terakhir akan menjadi yang terdahulu. (Matius 19:30)

    Tetapi banyak orang yang terdahulu akan menjadi yang terakhir dan yang terakhir akan menjadi yang terdahulu. (Markus 10:31)

    Perhatikan perkataan yesus..

    Siapa orang2 yg terakhir?? Yaitu umat Nabi Muhammad Saw…

    Masih mau bantah??

  4. @ Biangkala

    Tetapi banyak orang yang terdahulu akan menjadi yang terakhir, dan yang terakhir akan menjadi yang terdahulu. (Matius 19:30)

    Tetapi banyak orang yang terdahulu akan menjadi yang terakhir dan yang terakhir akan menjadi yang terdahulu. (Markus 10:31)

    Perhatikan perkataan yesus..

    Siapa orang2 yg terakhir yg akan menjadi terdahulu ( masuk surga )?? Yaitu umat Nabi Muhammad Saw…

    Masih mau bantah??

  5. MAkan tu hadist… menurut hadist orang yang pertama masuk surga bukan nabi
    Tabi Bilal bin Rabah

    “Hai Bilal, mengapa engkau mendahuluiku masuk surga? Sesungguhnya ketika aku msuk surga tadi malam (malam Isra’), aku mendengar suara terompahmu dihadapanmu”.

    Bilal menjawab : “Wahai Rasulullah, tidaklah sekali-kali aku menyerukan adzan, melainkan terlebih dahulu aku melakukan shalat dua rakaat dan tidak sekali-kali aku mengalami hadast, melainkan aku berwudhu. sesudahnya, kemudian mengerjakan shalat dua rakaat sebagai kewajibanku kepada Allah”. Rasulullah shallahu alaihi wa sallam, bersabda : “Karena kedua-duanya”. Dan, Billal tidak menjawab : “Karena aku punya harta, anak, dan kedudukan atau pangkat”.

    Dari Abu Hurairah Radhiyallahu Anhu. Bahwasannya Nabi Shalallahu ‘Alaihi Wassalam pernah bersabda kepada Bilal selepas shalat Shubuh:

    “Ceritakan kepadaku satu amalan yang paling engkau andalkan dalam Islam, karena dalam suatu malam aku pernah mendengar suara terompahmu berada di pintu surga”, Bilal berkata : “Setiap aku berwudhu, kapan pun itu, baik siang maupun malam, aku selalu melakukan shalat dengan wudhu tersebut” (HR. Al Bukhari)

  6. Asshaduallailahailallah,, wa’ashadunnammuhammadarrasulallah,, allahummassolia’ala sayydina muhammad,wa’ala alihisayydina muhammad, aku bersaksi bahwa tiada tuhan selain allah dan nabi muhammad utusan allah allah tidak di anakan dan tidak pula diperanakan

    • kalau muhammad utusan allah.. kenapa bukan nabi muhammad yang di utus ke bumi ini untuk yang kedua kali nya

  7. hampir saja langit pecah, dan bumi terbelah, dan gunung-gunung runtuh, (karena ucapan itu),

    karena mereka menganggap (Allah) Yang Maha Pengasih mempunyai anak.

    Dan tidak mungkin bagi (Allah) Yang Maha Pengasih mempunyai anak.

    [QS. Maryam: Ayat 90-92]

    ———————————————————–

    karna sudah ada jawabannya di al quran,sekian terima jodoh.

  8. itulah manusia enggak ada yang mau mengalah,seseorang akan menyesal karena perbuatannya ketika mereka ada dialam kubur.

  9. ga usah mempecah belah agama. semua nabi punya kitap masing2 dan punya hukup masing. cuma tingal kita umat nya yg harus taat, kpdh perinta ya jauhi larangan ya.

    kita sebagai umat manusia, g usah hina hina nabi allah.

    dan jelas di al quran. bhwa orang yg masuk surga. orang yg taat kpda allah swt.

    nabi isa. akan turun di hakhir jaman. buat menghancurkan salip salip di dunia membunuh babi babi, dan orang kapir…
    yesus bukan tuhan. tiada tuhan selain allah. dan muhamad utusan allah.

  10. To : zaen
    Saya spendapat dgn beliau yg mna isa almasih akn turn ke bumi lagi untk me nghancur kn salib” di dunia, membunuh babai” dan orng kapir( non islam)
    Tentang prtnyaan sodara penengah kenapa bkn nabi muhammad yg di utus ke bumi untuk ke dua kali y…? jawab: mari kita simak dulu firman allah swt dalam surat yasin ayat 82: innamaamruhu ija aradasay’an ayyahu lalahu “kunfayakun”… artinya: sesungguh nya segala urusan apabila ia menghendaki hanyalah berkata kepadanya “jadilah” maka jadi…
    Saya itu sdah jelas untk melepas kn ganjalan dari hati sodara yg mennayakn ttng hal itu… maw lebi jelasnya lagi mohon nnanti tanyakan saja kepada ustad yg lebih paham agama dri pada kami…

  11. Kepada sodara” apakh kalian percya yesus itu tuhan? Maka sbgian org non muslim akan mnjwb “ia” lulu kmudian saya akn mnnykn kpda yg mnjwab ia…

    Tnjukkan kpda kami apakh ada ayat yg sahih(benar) yg mana yesus mengatakn “aku lah tuhan” atau pn dya brkta “sembah lh aku”…? Ayat nya mana?

    Bahkn yesus prnh brkata ketika di tanya tentng perintah tuhan yg utama. Ini di sebutkn dalam injil markus 12:29 ia berkata: syama izrailo….. dengarlah, hai orang israel. Tuhan allah kita, tuhan itu esa… klian mnganggap dya tuhan smntra dya tdk prnah mngaku tuhan “tuhan allah kita, tuhan itu esa”…dya mengulangi apa yg di ktakan nabi musa a.s seblumnya…

    Maaf jka ad yg trsinggung inilh yg dinamakn berargument harap kta mklumi brsma

  12. Assalamualaikum bagi semuanya kalau kita mau menyatukan dua arah yang berbeda pasti akan bertabrakan makanya wahai saudaraku setanah air mari kita bersatu dan jadilah orang yang saling menghargai sesama “untuk mu agamamu,untuk ku agamaku” mari kita bergandengan tangan menurut kepercayaannya masing2.wa’alaikum salam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.