Di Tempat Inilah Nabi ‘Isa Membunuh Dajjal

0
23287

Meyakini kepastian terjadinya Hari Kiamat dan seluruh huru-hara yang pasti terjadi adalah salah satu rukun iman yang wajib diyakini sebagaimana diinformasikan dalam al-Qur’an dan sunnah Nabi Shallallahu ‘alaihi wa Sallam.

Salah satunya adalah turunnya Nabi ‘Isa bin Maryam. Lantas, bagaimana kondisi fisik beliau? Apa yang akan dilakukan? Berapa lama beliau hidup di dunia? Dan, di manakah kelak Dajjal akan dibunuh?

Hubungan dengan Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa Sallam

Dari Abu Hurairah sebagaimana diriwayatkan oleh Imam Ahmad dan Abu Dawud, Nabi Shallallahu ‘alaihi wa Sallam bersabda, “Para Nabi adalah saudara seayah, dengan ibu yang berbeda-beda. Dan, agama mereka satu. Aku adalah manusia yang paling dekat dengan ‘Isa bin Maryam. Karena tidak ada Nabi antara Aku dengannya.”

Ciri Fisik Nabi ‘Isa ‘Alaihis salam

Masih dalam riwayat yang sama sebagaimana dikutip oleh Imam Ibnu Katsir dalam Tafsirnya, “Maka kenalilah oleh kalian jika melihatnya; sedang tingginya, kulitnya putih kemerah-merahan, memakai dua buah baju yang agak kuning, dari kepalanya seperti meneteskan air walaupun tidak basah.”

Dalam riwayat Imam Bukhari dan Muslim disebutkan: Badannya sedang-tidak tinggi dan tidak pendek-, berkulit kemerah-kemerahan, rambutnya seakan baru keluar dari pemandian.

Yang Dilakukan

Nabi ‘Isa bin Maryam akan mematahkan salib, membunuh babi, menghapus jizyah (pungutan/pajak), dan menyeru manusia kepada Islam. Allah Ta’ala akan menghancurkan seluruh agama selain Islam, dan Nabi ‘Isa membunuh Dajjal.

Kondisi Zaman

Sangat menakjubkan, akan tercipta keamanan yang tidak didapati di zaman sekarang ini. Masih dari riwayat Imam Ahmad bin Hanbal dan Abu Daud, “Terciptalah keamanan di muka bumi.”

Kemudian disebutkan; singa dan unta, sapi dan singa, serigala dan kambing merumput dalam satu lokasi, anak-anak kecil bermain dengan ular tanpa rasa takut dan tidak membahayakan bagi si anak.

Berapa Lama?

Disebutkan bahwa Nabi ‘Isa tinggal selama empat puluh tahun. Namun, dalam riwayat ‘Abdullah bin ‘Umar disebutkan: 40 tahun dihitung dari keseluruhan usia Nabi ‘Isa sejak dilahirkan dari Maryam binti ‘Imran. Ketika dinaikkan oleh Allah, usia Nabi ‘Isa 33 tahun. Sehingga kehidupan di dunia untuk yang kedua kali di akhir zaman hanya 7 tahun. Wallahu A’lam.

Lokasi Pembunuhan Dajjal

Dari Majmaa’ bin Jariyah, Imam Ahmabd bin Hanbal meriwayatkan, Rasulullah bersabda sebagaimana dikutip Imam Ibnu Katsir dalam Tafsirnya, “Ibnu Maryam akan membunuh al-Masih Dajjal di pintu gerbang Lud atau hingga di sisi Lud.” [Pirman]

SHARE
Previous articleTaubatnya Penyanyi dan Pemain Musik lantaran Satu Kalimat
Next articleYang Harus Anda Lakukan jika Menjumpai Dajjal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here