9 Amalan yang Bisa Menolak Bahaya (2)

0
sumber gambar: aritunsa.com

Lanjutan dari 9 Amalan yang Bisa Menolak Bahaya

Ridha Orang Tua

Ridha Allah Ta’ala diberikan kepada seorang hamba yang mendapatkan ridha dari orang tuanya. Murka Allah Ta’ala pun ditimpakan kepada anak yang dilaknat oleh orang tua karena mereka berlaku durhaka kepada keduanya.

Durhaka merupakan sebab utama siksa dan kemalangan hidup di dunia dan akhirat. Sedangkan berbakti merupakan jalan untuk menggapai bahagia di dunia dan kesejahteraan abadi di surga-Nya. Tidaklah seorang hamba berlaku durhaka-mengabaikan ridha orang tua-melainkan baginya segala jenis kesukaran hidup. Hidupnya hanya dipenuhi kesusahan demi kesusahan.

Sedekah

Disebutkan dalam sebuah hadits, sedekah merupakan salah satu amalan yang mampu menolak bahaya. Bahkan seorang hamba tidak jadi dimasukkan ke dalam neraka karena ditolong oleh sepotong kurma yang pernah dia sedekahkan di jalan Allah Ta’ala dengan keikhlasan terbaik.

Sedekah hendaknya menjadi amalan unggulan. Terutama kepada keluarga dan orang-orang yang membutuhkan. Jangan pelit terhadap keluarga, anak yatim, fakir miskin, dan orang yang membutuhkan lainnya. Bahkan terhadap mereka yang zalim dan berlaku aniaya, kita tetap dianjurkan untuk memberi guna melunakkan hatinya agar bergabung dalam dakwah.

Istighfar

Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wa sallam membaca istighfar sehari sebanyak tujuh puluh sampai seratus kali. Itu pun beliau tidak memiliki dosa. Maka jumlah yang harus kita baca harus berlipat ganda, dikalikan dengan jumlah dosa yang pernah dan senantiasa kita lakukan atau lebih banyak dari itu; tanpa batas.

“Dan Allah sekali-kali tidak akan mengazab mereka, sedang kamu berada di antara mereka. Dan tidaklah (pula) Allah akan mengazab mereka, sedang mereka meminta ampun”. (Qs. al-Anfal [8]: 33)

Selama kita sibuk meminta ampun kepada Allah Ta’ala, Dia berjanji akan menahan azab. Tatkala kita sibuk mengakui kesalahan dengan memohon ampun, Dia berjanji tidak akan menimpakan bahaya.

Silaturahim

Inilah amalan yang dijamin bagi pelakunya tiga kebaikan sekaligus. Umurnya dipanjangkan; rezekinya diperbanyak dan berkah; dihindarkan dari berbagai jenis bahaya. Hendaknya meluruskan niat saat bersilaturahim, bukan hanya ketika menghajatkan dunia.

Silaturahim juga perlu kita galakkan, pun kepada mereka yang telah memutus persaudaraan bahkan menganggap kita sebagai musuh.

Bersambung ke 9 Amalan yang Bisa Menolak Bahaya (3-Habis)

Berita sebelumya9 Amalan yang Bisa Menolak Bahaya
Berita berikutnya9 Amalan yang Bisa Menolak Bahaya (3-Habis)