7 Pengusaha yang Dijamin Masuk Surga (Bagian 2)

0
ilustrasi @www.shanghailisa.com

Lanjutan dari 7 Pengusaha yang Dijamin Masuk Surga

Meski dikenal sebagai pengusaha ulung, laki-laki ketiga ini pernah didapati sedang antri saat pengusaha ternama seantero alam tengah membagi harta warisnya kepada veteran Perang Badar. Meski sebagian riwayat menyebutkan bahwa laki-laki ini tidak mengikuti Perang Badar, dia tetap ikut antre. Padahal, hartanya juga sangat banyak.

“Mengapa engkau ikut menunggu, padahal engkau sudah kaya?” tanya seorang sahabat kepadanya.

“Hartanya berkah. Setiap makanan yang dibeli dari hartanya pasti mendatangkan keberkahan dan kesehatan.” jawabnya singkat.

Jawaban yang disampaikan oleh sang pengusaha ketiga yang dijamin masuk surga ini menjadi bukti bahwa dirinya sangatlah menghendaki harta yang berkah lantaran mengetahui kandungan kebaikan yang terdapat di dalamnya. Maka, ia rela ikut berbaris. Sebab sang laki-laki yang tak lain adalah Sayidina Utsman bin Affan amat mengetahui betapa harta saudaranya, Abdurrahman bin Auf, pasti dipenuhi berkah yang menjadi sebab kesehatan dan kebaikan.

Terkait laki-laki keempat yang dijamin masuk surga dan ternyata seorang pengusaha juga, banyak yang tidak mengetahui. Namun, ada begitu banyak riwayat yang menyebut bahwa laki-laki yang juga menjadi menantu Nabi ini merupakan sosok pengusaha sejati.

Dia, suatu ketika pernah berkata, “Jika ada orang yang membeli bajuku, dan aku mendapatkan untung darinya, pastilah aku akan menjualnya.”

Ia, tak lain adalah Sayyidina Ali bin Abi Thalib. Laki-laki mulia yang kita kenal sederhana dan banyak ilmu, tapi juga merupakan pengusaha ulung. Beliau adalah pengusaha keempat yang dijamin masuk surga oleh Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa sallam.

Pengusaha kelima ini memiliki kisah yang menakjubkan. Sampai-sampai ada ungkapan ‘jika debu berada di balik sentuhannya, niscaya debu itu akan bisa dijual’.

Dialah lak-laki yang mengikuti hijrah Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wa sallam dengan tangan hampa. Sesampainya di Madinah dan dipersaudarakan dengan Sa’ad bin Rabi’ lalu ditawari istri dan rumah, dengan gagah ia menjawab, “Tunjukkan kepadaku, dimana arah menuju pasar.”

Dan saksikanlah, dialah pengusaha yang pernah membiayai pasukan jihad di jalan Allah Ta’ala dengan unta, kuda, dan seluruh perlengkapannya. Dialah laki-laki yang pernah menginfaqkan seluruh asetnya di jalan Allah Ta’ala dengan suka rela, tanpa beban, tanpa merasa berat sedikit pun. Dialah Abdurrahman, anaknya Auf.

Bersambung ke 7 Pengusaha yang Dijamin Masuk Surga (Bagian 3)

Berita sebelumya7 Pengusaha yang Dijamin Masuk Surga
Berita berikutnya7 Pengusaha yang Dijamin Masuk Surga (Bagian 3)