6 Keutamaan Saling Mencintai karena Allah yang Akan Membuat Anda Tercengang (Bagian 2)

0
keajaiban doa ibu @pingbusuk.org

Lanjutan dari 6 Keutamaan Saling Mencintai karena Allah

Dicintai Allah Ta’ala

Diriwayatkan dari sahabat Anas bin Malik Radhiyallahu ‘anhu, seorang laki-laki mendatangi Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, lalu berkata, “Ya Rasulullah, aku mencintai laki-laki ini.” Nabi al-Musthafa bertanya, “Sudahkah engkau memberitahukan (rasa cintamu) kepadanya?” Jawab si laki-laki tanpa nama, “Belum.” Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam pun berkata, “Beritahukanlah kepadanya.”Sang laki-laki mendatangi saudaranya, lalu berkata, “Sungguh, aku mencintaimu karena Allah Ta’ala.” Jawab saudaranya dengan penuh keyakinan, “Semoga Allah Ta’ala mencintaimu sebagaimana kamu mencintaiku karena-Nya.”

Dalam riwayat lain disebutkan bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam menggenggam tangan sahabat Muadz bin Jabal Radhiyallahu ‘anhu. “Wahai Muadz,” tutur sang Baginda, “demi Allah, aku sangat mencintaimu. Aku berwasiat kepadamu, wahai Muadz, janganlah kamu tinggalkan dalam setiap akhir shalatmu untuk mengucapkan, ‘Ya Allah, bantulah aku agar senantiasa berdzikir kepadamu, bersyukur kepadamu, dan beribadah dengan baik kepadamu.’”

Inilah di antara salah satu sunnah agung dalam bersaudara. Ialah saling mengungkapkan perasaan cinta karena Allah Ta’ala kepada saudara sesama jenis, bukan kepada lawan jenis.

Mendapatkan Naungan Istimewa

Dalam sebuah hadits yang panjang riwayat Imam Bukhari dan Muslim, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam menyebutkan tujuh golongan yang dijanjikan mendapat naungan istimewa ketika tidak ada lagi naungan selain naungan dari-Nya. Mereka adalah:

  1. Pemimpin yang adil
  2. Pemuda yang tumbuh dan beribadah kepada Allah
  3. Seseorang yang hatinya senantiasa tertaut pada masjid
  4. Dua orang yang saling mencintai karena Allah Ta’ala, bertemu dan berpisah karena-Nya
  5. Seorang laki-laki yang menjaga diri dari maksiat, lalu berkata, ‘Aku takut kepada Allah’ saat diajak berzina oleh perempuan cantik yang memiliki kekuasaan atas dirinya
  6. Seorang yang gemar bersedekah dan merahasiakan sedekahnya, sampai-sampai tangan kiri tidak mengetahui apa yang disedekahkan oleh tangan kananya.
  7. Orang yang berdzikir kepada Allah Ta’ala dalam kesunyian hingga air matanya bercucuran

Dalam sebuah hadits qudsi disebutkan, Allah Ta’ala berfirman, “Di mana orang-orang yang saling mencintai karena keagungan-Ku? Hari ini Aku berikan baginya naungan di hari tiada lagi naungan selain naungan-Ku.”

Betapa bahagianya mereka yang saling mencintai dalam iman, Islam, dan amal shalih. Ialah cinta tulus yang motivasinya karena Allah Ta’ala dan Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam.

Bersambung ke 6 Keutamaan Saling Cinta karena Allah (Bagian 3)

Berita sebelumya6 Keutamaan Saling Mencintai karena Allah yang Akan Membuat Anda Tercengang
Berita berikutnya6 Keutamaan Saling Mencintai karena Allah yang Akan Membuat Anda Tercengang (Bagian 3)