3 Orang Ini Haram Masuk Surga!

0
sumber gambar: www.liveinternet.ru

Dalam sebuah hadits hasan yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad bin Hanbal Rahimahullah dari sahabat mulia Abdullah bin Umar Radhiyallahu ‘anhuma, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa sallam menyebutkan 3 orang yang diharamkan oleh Allah Ta’ala untuk masuk ke dalam surga.

Alangkah meruginya 3 orang ini. Sebab surga merupakan puncak kenikmatan yang mengantarkan seorang hamba pada perjumpaan dengan Allah Ta’ala.

Siapakah 3 orang yang diharamkan oleh Allah Ta’ala untuk masuk ke dalam surga ini? Jangan sampai Anda menjadi salah satunya!

Peminum Khamr

Khamr diharamkan karena mengandung dampak yang amat buruk dalam kehidupan seseorang. Hilangnya kesadaran, kacaunya otak, rusak, lemah, dan sakitnya fisik, serta banyak kerusakan lainnya. Lebih lanjut, kerusakan-kerusakan tersebut berakibat pada rusaknya jiwa. Sebab khamr, sebagaimana disebutkan dalam al-Qur’an, merupakan perbuatan keji dan termasuk amalan yang digemari oleh bangsa setan.

Jelaslah sudah. Siapa yang sibuk dengan amalan setan saat di dunia dan tidak bertaubat sebelum meninggal, akan dikumpulkan setan kelak, setelah dia meninggal dunia.

Orang yang Durhaka

Ialah durhakanya seorang anak kepada kedua orang tuanya. Surga bagi seorang anak terletak pada ridha kedua orang tuanya, dan berlaku pula sebaliknya. Orang tua yang tidak ridha dengan perbuatan anaknya, maka hal itu menjadi sarana efektif untuk menjebloskan seorang anak ke dalam sengsara di dunia dan kebinasaan abadi di akhirat.

Durhaka kepada kedua orang tua menjadi salah satu dosa yang hukumannya disegerakan di dunia. Durhaka menjadi sebab utama gagalnya seorang anak dalam menjalani kehidupan di dunia yang sementara ini.

Dayyuts

Ialah laki-laki yang sedikit rasa cemburunya terhadap istri dan anak-anaknya. Laki-laki ini tidak merasa berdosa saat anak dan istrinya melakukan kesia-siaan, dosa, dan perbuatan maksiat. Padahal, tugas utama seorang suami adalah menjaga istri-istri dan anak-anaknya dari siksa api neraka.

Tanpa disadari, dayyuts ini semakin banyak jumlahnya. Lihat saja para laki-laki yang tidak memberikan nasihat ketika istrinya sibuk bergosip, keluar rumah dengan dandanan berlebihan, tidak menjaga pergaulan dengan lawan jenis, atau sibuk tebar pesona di akun media sosialnya.

Semoga kita tidak menjadi bagian dari tiga orang yang diharamkan untuk masuk ke dalam surga ini. Semoga Allah Ta’ala memberikan karunia taubat kepada siapa pun yang terjerumus dalam kubangan dosa. Aamiin.

Wallahu a’lam. [Pirman/Kisahikmah]

Berita sebelumyaMukmin Mana yang Paling Cerdas? Ini Jawaban Rasulullah
Berita berikutnya3 Hal Asyik yang Bisa Dilakukan Saat Jenuh Menghafal al-Qur’an